Teori2 Kiamat 2012 dan Sanggahannya..

21 desember 2012 adalah hari ‘the end of world’ menurut ramalan bangsa maya. Benarkah pada tanggal tersebut dunia akan kiamat?

Banyak orang yang takut dan sangat cemas tentang 2012. Teori-teori dengan berbagai penjelasan ilmiah, seperti solar ray, planet x, perputaran kutub, dan lain-lain membuat masyarakat semakin percaya bahwa 21 desember 2012 akan menjadi hari terakhir umat manusia.

Banyak orang yang kemudian berfoya-foya, melakukan hal2 yang tabu, dll hanya karena mereka takut mereka tidak sempat merasakannya lagi setelah 2012. Bahkan beberapa bunuh diri dengan alasan tidak mau mati tersiksa pada saat kiamat 2012 nanti. Begitu kuatnya isu 2012 sehingga membuat pola hidup banyak orang berubah.

Untuk sedikit menenangkan kita, saya mempunyai sanggahan terhadap beberapa teori2 2012. Berikut ulasannya…

Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang Ulasan Tentang Kiamat 2012!!. Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel tersebut. Sebelum anda membaca artikel ini saya sarankan anda membaca artikel tersebut. klik disini untuk membacanya, Ulasan Tentang Kiamat 2012!!.

Seperti yang kita ketahui belakangan ini 2012 menjadi hot topik yang sangat sering dibahas dimana2. Bahkan para paranormal/peramal (saya tidak sebutkan) angkat bicara mengenai isu ini dan mengatakan hal yang senada, yaitu di tahun 2012 akan terjadi sesuatu yang luar biasa, akan terjadi sesuatu yang mengerikan, 2/3 manusia akan meninggal dan sisanya akan menjadi manusia yang baru.

Bagi saya pribadi saya menanggapi doktrin 2012 ini sebagai permainan saja. Menurut saya 2012 hanyalah isu yang dibuat2 oleh komunitas tertentu untuk mempengaruhi dunia. NASA sudah membantah akan isu ini, begitu juga Apolinario Chile Pixtun (seorang sesepuh suku maya sekarang)juga membantah isu 2012 ini. Dia mengatakan kalau “bangsa maya tidak pernah membuat isu kiamat ini, 2012 hanya buatan bangsa barat” ungkapnya.

Mungkin terdengar cukup gila, tapi menurut sudut pandang saya di 2012 memang terjadi sesuatu, tetapi bukan kiamat oleh alam melainkan lebih cenderung ke perbuatan kalangan tertentu. Pernah dengar isu bahwa PBB/Amerika (saya kurang ingat) akan mengurangi populasi manusia didunia hingga 2/3 nya dan hanya menyisakan sekelompok orang untuk dunia baru “the new world”. Nah mungkin puncak dari itu semua ada di tahun 2012. Tapi itu hanya menurut pendapat saya, bagaimana menurut anda??

Ok, Kembali ke topik.

Berbagai teori pun muncul untuk menguatkan isu ini, seperti ramalan bangsa maya, perputaran magnet bumi, tabrakan dengan planet x, badai matahari (seperti di film knowing), dan lain-lain.

Teori-teori tersebut akan saya coba bahas satu-persatu.

Ramalan Bangsa Maya

Bangsa maya adalah kelompok suku/bangsa yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur dan berdiri pada tahun 250M hingga 925M. Bangsa ini dikenal sebagai peradaban yang memiliki perhitungan ilmu astronomi yang komplex dan akurat.

Menurut penanggalan bangsa maya 1 periode mereka adalah 1.872.000 hari atau sekitar 5.125,37 tahun. Setelah melewati akhir periode tersebut, akan dimulai sesuatu yang baru “years—overturns and a new cycle begins”. Jika dihitung dari penanggalan mereka, maka hari akhir tersebut akan jatuh pada tanggal 21 desember 2012. Ini yang menyebabkan isu 2012 pertama kali muncul ke permukaan.

Namun apakah benar yang dimaksud oleh bangsa maya adalah ‘the end of world’?. Aveni, penulis The End of Sisa: The Maya Misteri 2012, angkat bicara mengenai ini. Menurut dia, jika kita melihat dan menghitung seperti kalender maya, maka 21 desember 2012 adalah hari terakhir. Hari terakhir bukan berarti kiamat, hari terakhir yang dimaksud disini adalah penanggalan baru, dimulai dari awal lagi, sama halnya dengan kita merayakan tahun baru pada 1 januari, semuanya hanya sesederhana itu.

Perubahan Kutub

Dalam beberapa ramalan hari kiamat 2012, Bumi menjadi deathtrap karena mengalami “pergeseran kutub”.

Kedua kutub akan bertukar tempat, ini menyebabkan semua siklus menjadi terbalik dan kacau. Siklus iklim berubah drastis, perputaran rotasi bumi berlawanan dari semestinya yang kemudian menyebabkan bumi keluar dari jalurnya, Bumi menjadi tempat yang sangat tidak cocok dengan makhluk hidup, dan lain-lain.

Para ilmuwan sangat menolak dan tidak sependapat jika pertukaran kutub terjadi seketika seperti skenario. Tetapi beberapa peneliti memang berspekulasi bahwa pergeseran yang halus bisa terjadi, misalnya jika distribusi massa pada atau di dalam bumi berubah secara radikal, maka perubahan medan magnetis mungkin akan terjadi.

Jika dilihat dari kondisi pergerakan lempengan dan medan magnetis bumi sekarang, kemungkinan terjadinya hal seperti itu memang ada. Namun perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini untuk dapat memastikannya.

Ahli geologi Universitas Princeton Adam Maloof mengatakan, “semua itu sangat mungkin terjadi, namun sangat mustahil jika perubahan/pergeseran kutub akan terjadi dalam periode singkat (1-2tahun), semua proses itu sangatlah lamban dan memakan waktu jutaan tahun. Cukup lambat sehingga manusia tidak akan merasakan gerak perubahan lempeng tektonik tersebut”. Demikian ungkapnya.

Pergeseran matahari (galatic Alignment)

Pada teori ini disebutkan bahwa garis tengah matahari akan berubah, dengan kata lain jarak antara matahari dan bumi menjadi lebih pendek dari semestinya. Perubahan ini akan menyebabkan perubahan yang signifikan di bumi. Menurut bangsa maya disalah satu skripnya, kejadian ini akan terjadi pada saat periode berkahir. Dengan kata lain kemungkinan ini akan terjadi pada 21 desember 2012.

Berikut gambar ilustrasi pergeseran garis tengah matahari

Terlihat bagaimana perkiraan pergeseran garis ekuator matahari pada tahun 2012. Jika benar-benar terjadi, maka bumi akan diserang berbagai kemungkinan, seperti atmosfer tidak bisa lagi menahan badai matahari seperti selama ini, bumi diserang kekuatan gravitasi matahari yang berujung kehancuran, bumi keluar dari jalurnya, matahari lepas dari garis tengahnya dan menyerang planet-planet disekitarnya (seperti blackhole), dan lain-lain.

Menanggapi hal ini, seorang ahli dari University of Texas Maya, David Stuart, menegaskan melalui blognya bahwa tidak ada skrip bangsa maya semacam itu. Tidak pernah ditemukan adanya skrip bangsa maya yang menyebutkan teori tersebut. Itu hanyalah sebuah hoax.

Namun menurut para peneliti memang tidak tertutup kemungkinan luar angkasa akan banyak berperan dalam perubahan-perubahan yang akan dialami bumi dalam beberapa dekade kedepan.

Tabrakan Dengan Planet X (Nibiru)

Tabrakan dengan benda luar angkasa memang dianggap sebagai salah satu kemungkinan yang paling ditanggapi sebagai akhir dari bumi. Di beberapa kitab suci agama juga disebutkan akan adanya tabrakan dengan benda luar angkasa yang menyebabkan akhir dunia.

Diperkirakan tragedi tabrakan dengan meteor yang memusnahkan dinosaurus mungkin terulang kembali. Banyak spekulasi seperti tabrakan dengan asteroid yang lepas dari Jupiter, tabrakan dengan meteor berdiameter raksasa, dan lain-lain. Tapi diantaranya yang paling dihubung-hubungkan dengan 2012 adalah tabrakan dengan planet x.

Planet x (nibiru) adalah planet yang disebut-sebut didalam ramalan bangsa maya sebagai planet penghancur. Planet tersebut mempunyai siklus perputaran 3600 tahun, dan diperkirakan jalurnya kali ini akan bertabrakan dengan jalur bumi.

Berikut gambar ilustrasinya

Kurang lebih lintasan planet nibiru diperkirakan seperti itu dan akan menghantam bumi.

Kalaupun tidak tepat menghantam bumi, keberadaan planet ini akan mengganggu siklus dibumi. Ini akan menyebabkan perubahan iklim dan gravitasi yang signifikan. Dan jika ini terjadi manusia tidak akan bisa bertahan hidup.

Sebenarnya Asal-usul teori ini dipopulerkan sebagian oleh seorang wanita yang mengaku menerima pesan dari makhluk luar angkasa. Makhluk itu mengatakan hari kiamat bumi berasal dari nibiru yang awalnya diperkirakan terjadi di tahun 2003. Kemudian kebetulan planet x ini disebutkan di skrip ramalan bangsa maya.

Mengenai hal ini NASA angkat bicara. Melalui Morrison astrobiologist NASA, “Tidak ada objek di luar sana, Itu mungkin yang paling mudah untuk diucapkan” ungkapnya.

“Jika ada sebuah planet atau apa pun yang akan berada di tata surya dalam tiga tahun dari sekarang, astronom akan mempelajari hal itu selama dekade dan akan terlihat dengan mata telanjang sekarang, dan itu tidak ada.” kata Morrison.

Mungkinkah ungkapan morrison adalah yang sebenarnya ataukah hanya untuk membuat masyarakat tenang sehingga tidak menimbulkan kericuhan?? paling tidak untuk sekarang ungkapan morrison bisa dijadikan pegangan kita untuk tidak terlalu percaya akan teori ini.

Badai Matahari (Solar Storm)

Pernah nonton film knowing? secara garis besar disitu digambarkan dengan jelas bagaimana jika bumi dilanda solar storm. permukaan bumi akan menjadi rata dan tidak menyisakan suatu apapun.

Sebenarnya solar storm selama ini memang menyerang bumi, tapi medan magnetik yang dihasilkan oleh kedua kutub dibumi melindungi bumi dari solar storm. Solar storm yang menyerang bumi akan hilang di atmosfer dan meninggalkan bentuk indah diangkasa yang disebut aurora.

Namun perubahan ekuator matahari, melemahnya medan magnetis bumi, dll (seperti yang telah dijelaskan diatas) menjadi penyebab solar storm akan sampai ke permukaan bumi. medan magnetis bumi tidak lagi bisa melindungi bumi, dan bumi akan musnah (seperti di knowing).

Menanggapi teori ini Nasa melalui morrison mengatakan “menurut perhitungan tidak akan ada badai matahari yang besar yang bisa menghanguskan bumi hingga 2012, namun 1-2tahun kemudian kemungkinan itu memangada”. Selain dari morrison NASA hanya diam menanggapi teori ini. Apakah ini menegaskan bahwa bumi memang kemungkinan besar akan hangus??

****
****

Banyak memang teori-teori yang mendukung prediksi 2012 yang bisa membuat kita semakin cemas. Namun apapun yang terjadi nanti seharusnya tidaklah penting bagi kita. Kalau memang akan terjadi sesuatu maka terjadilah.

Tidak perlu menunggu tahun 2012, besok atau sekarang juga kalau memang sudah dipanggil kita harus siap. Semua kembali pada iman kita masing-masing.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s