Beragam Jenis Malware

Definisi dan Pengenalan Singkat tentang Bahaya Malware 
1.Definisi 

Sesungguhnya peningkatan penggunaan Internet berarti lebih banyak dan banyak komputer yang bisa diakses oleh orang lain lewat tranfers file,e-mail dan website, membuat komputer-komputer itu mudah terinfeksi dari virus yang jumlahnya terus meningkat, Trojan Horse, worm, adware,spyware, dll. Kondisi-kondisi ini bisa sangat membingungkan karena masing-masing mempunyai karakteristik sendiri-sendiri dan akan menyebabkan masalah-masalah yang berbeda atau kerusakan pada komputer anda.

Orang-orang cenderung lebih memperhatikan semua kondisi ini jika mereka paham apakah Malware itu dan apa bahaya yang bisa mereka timbulkan. Artikel ini mencoba untuk mengklairifikasi arti dari-dari masing-masing malware. Setelah membaca artikel ini sangat disarankan bila anda melihatwww.bestvalueonline.biz/clearspyware.html untuk informasi lebih jauh tentang bagaimana melindungi komputer anda dari jenis-jenis software berbahaya. Akun bank anda dan identitas anda akan berada dalam bahaya bila anda tidak mengambil tindakan.

Banyak pengguna komputer normal tetap tidak familiar dengan istilah “malware” dan kebanyakan tidak pernah menggunakan istilah ini. Daripada itu istilah “virus komputer” secara tidak tepat digunakan, sekalipun media menggambarkan setiap jenis malware, walau tidak semua malware adalah virus.

Daripada didefinisikan oleh fitur-fitur khususnya, software dianggap sebagai malware jika maksud pembuatnya adalah untuk menyebabkan kerusakan. Malware termasuk didalamnya virus komputer, worms, trojan horses, kebanyakan rootkits, spyware, adware yang tidak terhormat,dan semua software yang tidak diinginkan dan merusak. Secara hukum, malware kadang-kadang dikenal sebagai “pencemar” komputer, sebagai contohnya di negara bagian California,West Virginia, dan beberapa negara bagian lainnya.

Malware adalah software yang didesain untuk meretas atau merusak sistem komputer tanpa sepengetahuan dan diluar keinginan pemiliknya. Malware merupakan kombinasi dari kata malicious dan software. Istilah ini secara umum digunakan oleh industri komputer profesional dan meliputi didalamnya semua jenis program kode yang melawan, mengganggu, atau menjengkelkan.

Malware bukanlah merupakan software yang rusak atau cacat, biasanya software-software itu sah hanya saja terdapat bug yang merusak.

3. Trojan Horse atau Trojan

Dalam konteks dunia komputer dan software, “kuda trojan” atau mudahnya “trojan”, adalah bagian software yang muncul tidak untuk melakukan sejumlah tindakan sebagaimana software lain tetapi melakukan tindakan seperti virus. Berlawanan dengan kepercayaan yang berkembang, tindakan ini, biasanya menulis sandi dalam alat-alat untuk mendapatkan keuntungan,mungkin atau mungkin tidak benar-benar berbahaya, tetapi sekarang Kuda Trojan terkenal dengan predikat buruk untuk penggunaan mereka akan program backdoor (program yang bekerja secara tidak terlihat dalam komputer). Secara sederhana dapat dikatakan, Kuda Trojan bukanlah virus komputer. Tidak seperti malware, malware tidak memperbanyak diri dengan menduplikasi diri tetapi benar-benar mengandalkan pada eksploitasi penggunanya. Oleh karena itu, worm komputer atau virus mungkin adalah kuda Trojan. Istilah ini berasal dari cerita klasik tentang Kuda Trojan.

4. Worm Komputer (worm = cacing )

Sebuah “worm komputer” adalah sebuah program yang menduplikasi diri. Worm menggunakan jaringan untuk mengirim salinan dirinya ke node lain (node adalah terminal komputer pada jaringan komputer) dan worm mungkin melakukannya juga tanpa sepengetahuan pengguna. Tidak seperti virus, worm tidak perlu menempel atau menumpang pada program lain. Worm biasanya menyebabkan kerusakan pada jaringan komputer, hanya dengan mengkonsumsi bandwidth (bandwidth adalah besaran arus data- kalau bandwidth terganggu akhirnya kecepatan koneksi internet menjadi lambat), sedangkan virus komputer hampir selalu merusak atau memodifikasi file-file pada komputer.

5.Virus komputer

Virus komputer adalah program komputer yang bisa menyalin diri sendiri dan menginfeksi komputer tanpa izin atau pengetahuan penggunanya. Istilah virus juga biasanya digunakan, sekalipun tidak menentu, mengacu pada begitu banyak jenis program malware dan adware yang berbeda. Virus asli mungkin akan memodifikasi salinan dirinya, atau salinan dirinya akan memodifikasi dirinya sendiri, seperti yang terjadi pada metamorfosis virus. Sebuah virus hanya bisa menyebar dari satu komputer ke komputer lain saat pemilik komputer yang terinfeksi mengambilnya ke komputer yang tidak terinfeksi, contohnya saat pengguna mengirim virus itu melalui jaringan atau internet, atau membawanya melalui media removable seperti disket, CD, atau flash disk. Virus juga bisa tersebar ke komputer lain dengan menginfeksi file sistem jaringan atau sistem file yang diakses komputer lain.

Virus kadang-kadang disalahartikan dengan worm dan Trojan. Worm bisa menyebarkan dirinya sendiri ke komputer lain tanpa perlu dikirim sebagai bagian dari pemilik komputer yang terinfeksi, dan Trojan adalah file yang terlihat tidak berbahaya. Worm dan Trojan mungkin menyebabkan kerusakan pada sistem komputer, performance fungsional, atau jaringan komputer, saat dijalankan. Secara umum, worm tidak benar-benar merusak baik hardware maupun software, sementara teori mengenai Trojan payload mungkin mampu merusakjika dijalankan. Kadang-kadang tidak bisa terlihat saat program tidak berjalan, tetapi lama kelamaan kode yang terinfeksi berjalan, dan virus mulai merangsek masuk. Itulah sebabnya kenapa susah bagi orang untuk menemukan sendiri virus dan mengapa mereka harus menggunakan program spyware dan registry processors.

Kebanyakan komputer pribadi sekarang terhubung dengan internet dan jaringan lokal, menjadi jalan bagi menyebarnya kode yang merusak. Virus-virus sekarang ini juga mengambil keuntungan dari layanan jaringan seperti World Wide Web,e-mail, Instant Messaging dan sistem file sharing untuk menyebar, membuat garis perbedaan antara virus dan worm mengabur. Lebih jauh lagi, beberapa sumber daya menggunakan terminologi alternatif dimana virus adalah segala bentuk malware yang menduplikasi sendiri.

6.Spyware



Spyware adalah software komputer yang terinstall secara diam-diam di komputer pribadi untuk menangkap atau mendapatkan sebagian kontrol melalui interaksi pengguna dengan komputer, tanpa izin sang pengguna. Sementara istilah spyware mengacu pada software yang secara rahasia memonitor kebiasaan pengguna, fungsi spyware diperluas melebihi pengawasan sederhana.

Program spyware bisa mengumpulkan berbagai macam jenis informasi pribadi, 
seperti kebiasaan berjelajah di Internet, situs yang sering dikunjungi, tetapi 
juga menganggu kontrol pengguna dengan cara-cara lain, seperti menginstall 
software tambahan, mengarahkan kembali aktivitas web browser, mengakses
situs-situs dengan membabi buta yang akan menyebabkan kerusakan lebih dari 
sekedar virus, atau membelokkan keuntungan iklan ke pihak ketiga. Spyware bisa 
juga mengubah setting komputer, menghasilkan lambatnya koneksi internet, home 
page yang berbeda, dan hilangnya koneksi Internet atau program lain. Dalam
tujuan mencoba meningkatkan pemahaman terhadap spyware, klasifikasi formal yang 
lebih mengenai spyware meliputi tipe software digambarkan sebagai software yang 
menyerang privasi orang
Untuk menghadapi spyware, semua industri sekarang mulai memasang antispyware. Menjalankan software antispyware telah dikenal luas sebagai elemen penting dalam keamanan komputer yang menggunakan Windows. Antispyware akan bekerja pada software yang secara diam-diam menginstall diri tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Jenis-jenis tindakan spyware bervariasi secara sistematik setiap hari (misalnya situs apa yang dilihat atau barang apa yang dibeli dari toko online) hingga ke pembagian informasi mengenai teknologi mematikan yang bisa digunakan misalnya untuk aksi teror.

Sekarang, software yang menyerang privasi terjadi dalam banyak aspek penggunaan internet. Program spyware dirancang untuk mengumpulkan dan mendistribusikan informasi rahasia pengguna. Adware menampilkan iklan dan konten komersial lain berdasarkan informasi rahasia yang diterima oleh program spyware. Malware yang membelah diri dan menyebar menyebabkan kerusakan pada sistem dan jaringan. Software yang dirancang untuk mengumpulkan alamat email telah menjadi hal yang biasa di internet, hasilnya adalah pesan spam memenuhi jaringan komputer dengan iklan yang tidak diinginkan. Singkat kata, software yang menyerang privasi orang lain adalah software yang mengabaikan hak pengguna untuk dibiarkan sendiri dan yang didistribusikan dengan maksud spesifik, sering berupa tujuan komersial, yang menghasilkan efek negatif untuk para pengguna komputer.

Dalam konteks ini, mengabaikan hak pengguna untuk dibiarkan sendiri berarti software itu tidak diinginkan dan tidak meminta izin kepada pengguna untuk menentukan bagi diri mereka sendiri kapan,bagaimana dan untuk apa data pribadi mereka dikumpulkan, disimpan atau diproses oleh software. Didistribusikan berarti software itu memasuki sistem komputer pengguna dari (biasanya tidak dikenali) server yang ditempatkan dalam infrastruktur. Biasanya untuk tujuan komersial dalam arti software itu (mengabaikan tipe atau kualitas) digunakan sebagai alat dalam rencana komersial untuk mendapatkan keuntungan.

7.Adware

“Adware” atau advertising-supported software adalah setiap paket software dimana secara otomatis memainkan, menampilkan, atau mendownload materi iklan setelah software diinstall atau sementara aplikasi ini digunakan. Beberapa tipe dari adware juga merupakan spyware dan bisa diklasifikasikan sebagai software yang menyerang privasi.

Adware adalah software dengan fungsi iklan terintegrasi atau terikat dengan program itu. Biasanya dilihat oleh pengembang sebagai cara untuk mengembalikan biaya pengembangan, dan dalam beberapa kasus program itu disediakan secara gratis atau dengan harga murah. Penghasilan dari iklan mungkin membuat atau memotivasi pengembang untuk melanjutkan pengembangan,perawatan dan upgrade produk software itu.

Beberapa adware juga adalah shareware, dan juga istilah ini digunakan untuk menjelaskan salah satu jenis dari banyak jenis software shareware. Apa yang menjadi perbedaan utama antara adware dengan shareware yang lain utamanya adalah adware disupport iklan. Para pengguna juga mungkin diberikan pilihan untuk membayar kopi “registrasi” atau “lincensi” dengan disertai iklan. Adware juga bisa mendownload dan menginstall PUPs pada komputer.

8.Rootkit

Sebuah ’rootkit’ adalah program (atau kombinasi beberapa program) didesain untuk mengambil kontrol fundamental ( dalam pernyataan Unix akses “root” (root = dasar, akar) dalam istilah Windows (akses)”Administrator” dalam sistem komputer, tanpa otoritasi dari pemilik sistem dan manager yang sah). Akses ke hardware ( dengan kata lain, tombol switch) jarang diperlukan rootkit yang bermaksud untuk merampas kontrol operating system yang berjalan di hardware. Secara khas, tindakan rootkit adalah dengan menyembunyikan tindakan mereka pada sistem melalui subversi atau dengan mengelak mekanisme standar keamanan operating system. Sering, mereka juga merupakan Trojan, dengan demikian membodohi pengguna hingga percaya bahwa mereka aman untuk dibiarkan berjalan di sistem. Teknik yang digunakan untuk mencapainya bisa berupa merahasiakan proses yang sedang berjalan dari program pengawas, atau menyembunyikan file-file atau sistem data dari operating system.

Rootkit pada awalnya merupakan program biasa, melalui kondisi darurat, aplikasi-aplikasi ini, dimaksudkan untuk mengambil kontrol saat sistem tidak merespon, tapi pada beberapa tahun belakangan ini telah berkembang menjadi malware untuk membantu penyusup memperoleh akses ke sistem dengan cara menghindari deteksi. Rootkit ada untuk berbagai macam operating system, seperti Microsoft Windows, Mac OS X (2)(3), Linux dan Solaris. Rootkit sering memodifikasi bagian-bagian dari system operating atau menginstall diri sendiri sebagai modul drivers atau kernel, tergantung pada detail internal pada mekanisme operating system.

9.Kesimpulan

Dalam artikel ini istilah malware, Trojan atau kuda Trojan, Worms,Virus Komputer, Spyware Adware, dan Rootkit didefinisikan. Diharapkan akan ada pemahaman yang lebih baik terhadap istilah-istilah ini akan membuat orang lebih waspada terhadap bahaya yang mereka keluarkan setiap hari dan mereka akan menginstall software yang perlu untuk melindungi diri sendiri dari kerusakan yang bisa terjadi.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s