Asal usul gigi palsu

Asal Usul – Pernah lihat orang yang memakai gigi palsu ?? Pastinya pernah dong. Mereka yang memakai gigi palsu bukan untuk bergaya, loh. Tapi, lebih karena kebutuhan atau lebih tepatnya karena keterpaksaan, daripada ompong dan tidak bisa bicara, lebih baik pakai gigi palsu. Iya kan …???

Tapi, tahukah kalian tentang asal usul gigi palsu ???

Berdasarkan sejarah, sakit gigi dan gigi berlubang telah dirasakan manusia sejak 25.000 tahun silam. Namun, gigipalsu baru dikenal manusia pada tahun 700 SM.

Gigi palsu pada saat itu terbuat dari gading, tulang ikan paus, atau tulang kuda nil. Lalu, untuk merekatkannya pada gusi, orang zaman dahulu menggunakan benang dari emas.

Cara seperti diatas bertahan selama 2000 tahun. Sampai kemudian pada tahun 1500, pengikat gigi diganti dengan sutera.

Gigi palsu pada abad pertengahan terbuat dari emas, perak atau batu akik. Namun, ada juga yang mengambil dari gigi mayat. Tapi, gigi dari mayat ini cepat rusak. Nah, pada abad ke – 18, Dubois De Cement, seorang dokter dari Prancis membuat gigi palsu dari bahan porselen.

Hasil pembuatannya disempurnakan menjadi lebih baik oleh Glusseppangelo, seorang dokter dari Italia yang membuat gigi palsu dari bahan pelat metal.

Pada tahun 1839, dibuatlah gigi palsu yang murah dan nyaman, yang terbuat dari karet keras yang bernama vulcanite. Dahulu, gigi palsu dari bahan vulcanite sangat populer sampai tahun 1940-an. Dan, pada saat itu juga, ditemukan bahan gigi palsu lain, yaitu akrilik.

Sekarang, di zaman yang sudah modern ini, kita tidak perlu lagi khawatir. Karena, tidak ada lagi dokter gigi yang mencabut gigi dari mayat. Karena, sekarang banyak gigi palsu yang terbuat dari bahan akrilik atau metal.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s