Galaksi Bertabrakan, Kiamatkah?

http://spektrumku.files.wordpress.com/2009/05/tabrakan_galaksi.jpg?w=300&h=240

Ya…. itulah menurut para ahli astronomi. Galaksi kita (bima sakti) akan bertabrakan dengan galaksi terdekat kita, Andromeda, yang berada 2.000.000 tahun cahaya dari galaksi kita. Namun tentu kejadiannya masih lama yaitu sekitar 3 milyar tahun dari sekarang jadi kita tidak perlu khawatir. Ya, walaupun menurut para ahli alam semesta ini terus mengembang (berekspansi), galaksi-galaksi semestinya saling menjauhi satu sama lain namun dalam beberapa kasus gaya gravitasi antargalaksi jauh lebih kuat daripada ekspansi tersebut yang menyebabkan galaksi-galaksi akan bertabrakan, contohnya seperti galaksi kita dan galaksi andromeda ini 3 milyar tahun mendatang.

Nah, apa yang terjadi jika nanti kedua galaksi tersebut bertabrakan? Kiamatkah? Menurut para ahli walaupun galaksi bertabrakan tetapi kemungkinan besar tidak akan terjadi ‘kiamat’ karena bintang-bintang dan planet-planet di dalamnya tidak ikut bertabrakan. Jadi selamatlah matahari kita. Kenapa? Karena sebenarnya di antara bintang-bintang di dalam galaksi-galaksi tersebut terdapat ruang hampa yang maha luas sehingga kemungkinan bintang-bintang (dan planet-planetnya) untuk bertubrukan sangatlah kecil walaupun di sebuah galaksi terdapat milyaran bintang. Analoginya seperti ini, di sebuah padang rumput yang luas, ada sekelompok yang terdiri dari 5 orang yang ingin menerbangkan pesawat dari kertas lalu kira-kira 100 meter dari mereka ada sekelompok lain yang juga terdiri dari 5 orang yang juga ingin menerbangkan pesawat dari kertas. Nah, jikalau kesepuluh orang dari kedua kelompok ini sama-sama menerbangkan pesawat kertasnya dalam waktu bersamaan kecil kemungkinan bagi pesawat-pesawat kertas dari kedua kelompok ini akan bertabrakan, karena mereka dipisahkan oleh jarak yang luas. Begitu pula dengan bintang-bintang yang ada di dalam galaksi tersebut kemungkinan bertabrakan sangat kecil karena di antara bintang-bintang tersebut sebenarnya terhampar ruang hampa yang sangat luas. Bahkan ketika kedua galaksi bertabrakan, kemungkinan tabrakan bintang-bintang di dalam galaksi-galaksi tersebut jauh lebih kecil dibandingkan kemungkinan bertabrakannya pesawat-pesawat kertas dari kedua kelompok orang di padang rumput yang luas pada contoh di atas.

Lantas apa yang terjadi jika kedua galaksi yang bertabrakan? Yang terjadi adalah kedua galaksi melebur menjadi satu dan membentuk sebuah galaksi baru…….

Catatan:

Jikalau 1 detik cahaya = 300.000 kilometer, maka 2.000.000 tahun cahaya kira-kira sama dengan 19.000.000.000.000.000.000 kilometer. Tidak sulit untuk menghitungnya.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s