Umur tata surya

Tata surya mungkin 2 juta tahun lebih tua 

umur Tata surya mungkin nyaris 2 juta tahun lebih tua dari perkiraan. Kesimpulan itu ditarik setelah penelitian terhadap sebuah batu bintang yang ditemukan di Gurun Sahara.

Data yang diperoleh dari batu tersebut menunjukkan kalau tata surya terbentuk 4.568,2 juta tahun yang lalu. Artinya, 0,3 juta sampai 0,9 juta tahun lebih lama daripada perkiraan umur tata surya yang saat ini beredar luas. Penelitian sebelumnya, yang dilakukan berdasarkan dua batu bintang, mendapati kalau tata surya terbentuk 4.567,1 juta to 4.567,6 juta tahun yang lalu.

Batu bintang di Gurun Sahara itu mengandung zat kalsium dan alumunium, dua contoh materi tertua yang biasa ditemukan pada batu-batuan awal. Bagian dalam batu mengandung benda padat yang terbentuk dari gas pada saat awal pembentukan tata surya. Bersama dengan materi lain, inti batu itu membesar hingga akhirnya membentuk bintang atau planet.

“Rasanya seperti menyelidiki tempat kejadian perkara empat setengah juta tahun setelah perkara itu terjadi,” kata Alan Boss, ahli astrofisika dari Carnegie Institution for Science, Washington D.C., Amerika Serikat.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s