Penemuan Tata surya baru berplanet besar

Astronom asal Eropa menemukan tata surya baru pada Selasa lalu. Tata surya itu memiliki 5 planet besar yang mengelilingi sebuah bintang. Penemuan ini merupakan penemuan planet luar (planet di luar Bima Sakti) terbesar sejak 15 tahun yang lalu.
Bintang yang jadi pusat tata surya tersebut berjarak 127 tahun cahaya dari rasi bintang Hydrus, demikian European Southern Observatory (ESO) menjelaskan pada siaran pers.

Para astronom sudah memastikan 5 planet yang mengelilingi bintang yang disebut HD 10180 itu. Kelima planet itu besar-besar, sebesar Planet Neptunus. Kelima planet tersebut mengelilingi HD 10180 dengan jarak relatif lebih dekat ketimbang planet-planet di Bima Sakti mengelilingi matahari. Setiap planet mengelilingi HD 1080 dalam rentang waktu 6 sampai 600 hari.

Planet-planet yang mengelilingi bintang tersebut ditemukan melalui penelitian selama 6 tahun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan spektograf, alat untuk menangkap dan menganalisis cahaya. Metode penelitian dilakukan berdasarkan pembelokan cahaya yang diakibatkan oleh gravitasi planet. Sedikit saja cahaya berbelok, bisa menjadi arti besar dalam menentukan massa planet.

Selain kelima planet, astronom masih menyelidiki kemungkinan adanya 2 planet lagi di tata surya itu. Salah satu planet berukuran sangat besar, sekitar ukuran Saturnus, dan mengorbit dalam waktu 2.200 hari. Planet lainnya sebesar 1,4 kali massa Bumi dan berjarak sangat dekat dengan HD 10180. Planet ini merupakan planet terkecil di tata surya itu.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s