Olympus bukan yang terbesar di Mars

Olympus bukan yang terbesar di MarsNASA

Gunung Olympus bukan gunung terbesar di Planet Mars, melainkan hanya bagian kecil dari Tharsis Rise.
Gunung Olympus diperkirakan memiliki luas yang setara dengan luas Arizona, salah satu negara bagian di Amerika Serikat. Namun, sekelompok tim geolog baru-baru ini mengatakan bahwa Olympus bersama beberapa gunung di sekitarnya, seperti Arsia, Pavonis, dan Ascraeus, hanyalah bagian kecil dari gunung yang lebih besar.
Teori para geolog menyebutkan kalau seluruh wilayah gunung itulah yang dikatakan sebagai gunung terbesar di tata surya. Wilayah gunung itu sendiri dinamakan Tharsis Rise, membentang sepanjang 7.000 kilometer di Planet Mars.
“Kalau kita melihat dalam skala yang lebih besar, Olympus hanyalah salah satu bagian dari Tharsis, sama seperti gunung-gunung lain yang jadi bagian Tharsis,” kata Andrea Borgia, profesor tamu di The Open University, Inggris.
Menggunakan model matematika, Borgia dan rekannya, John Murray, menemukan bahwa Tharsis memiliki banyak kemiripan karakteristik fisik dengan Gunung Etna di wilayah Sisilia, Italia. Tharsis dikatakan sebagai versi yang lebih besar daripada Etna.
Sejauh ini, Borgia belum bisa membuktikan secara pasti kebenaran teorinya. Ia mengatakan, penelitian akan butuh waktu lama untuk penjelajahan robot atau manusia ke Mars. Ia mengatakan, misi Spirit dan Opportunity ke khatulistiwa Mars tidak mampu mengamati wilayah Tharsis dengan detail. Pasalnya, empat calon lokasi pendaratannya tidak ada yang cukup dekat dengan Tharsis.
Borgia mengatakan, “Riset lapangan adalah langkah penting untuk mendemonstrasikan teori ini,” kata Borgia. Ia menegaskan dengan mantap, “Jika saya diperbolehkan ke sana sekarang, saya akan berangkat saat ini juga.”

 

1 Comment

  1. wow.. istimewa.. bikin penasaran..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s