Hujan meteor Geminids malam ini

Hujan meteor Geminids malam iniDendy Julius/Fotokita.net

Hujan meteor Geminids akan terjadi hari ini, mulai dari senja tanggal 13 Desember hingga fajar tanggal 14 Desember. Begitulah hasil observasi para astronom.
Uniknya, menurut penemuan para astronom yang dipublikasikan tahun 1983, hujan meteor Geminids bukan disebabkan oleh partikel debu sisa komet, melainkan sisa-sia asteroid bernama 3200 Pantheon.
Asteroid 3200 Pantheon mengorbit matahari, menyisakan partikel debu di sepanjang orbitnya. Ketika bumi yang sedang berevolusi memasuki wilayah itu, debu memasuki atmosfer bumi, terbakar, dan menghasilkan kemilau cahaya yang memukau.
Saat puncaknya, akan terdapat 60-120 meteor yang akan disaksikan setiap satu jam. Meteor sendiri akan bergerak dengan kecepatan lebih kurang 35 kilometer per detik.
Meteor bisa tampak di sekitar rasi Gemini–karena itulah diberi nama Geminids. Di Indonesia, rasi Gemini terbit di timur sekitar pukul 20.00 dan tenggelam di arah barat sekitar pukul 06.00.
Jika pengamatan dilakukan pada dini hari, maka meteor akan tampak di horizon langit yang rendah, sedangkan pada malam hari akan tampak di bagian atas. Para ilmuwan mengatakan, waktu terbaik menyaksikan hujan meteor ini adalah menjelang fajar.
Berdoa saja semoga malam ini tak mendung sehingga hujan meteor yang disebut para astronom sebagai hujan meteor terindah tahun 2010 ini dapat dinikmati.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s