Fosil bintang jadi petunjuk evolusi alam semesta

Fosil bintang jadi petunjuk evolusi alam semestaDimitri Castrique/stock.xchng

Sisa-sisa dari bintang yang pertama kali tercipta setelah “big bang” ditemukan oleh ilmuwan Inggris dan Amerika Serikat. Fosil tersebut bisa jadi petunjuk evolusi alam semesta. Mereka juga menemukan bukti ledakan sebuah bintang yang berupa awan gas.
Selama bertahun-tahun, astronom tak tahu apa yang terjadi selama “masa kegelapan” alam semesta. Masa yang dimaksud adalah masa setelah big bang, yang diperkirakan terjadi 13,7 miliar tahun lalu, sampai terciptanya bintang-bintang pertama di semesta.
Profesor Max Pettini dari Cambridge Institute of Astronomy yang terlibat dalam riset itu mengatakan, “Kami telah melacak kejadian di ‘masa kegelapan’ dengan menggunakan cahaya yang diemisikan sebuah kuasar.”
Ia melanjutkan, “Kami menemukan sejumlah kecil elemen yang ada di awan gas sisa ledakan salah satu bintang pertama itu. Proporsinya sangat berbeda dengan proporsi yang dijumpai pada bintang saat ini.”
Pettini mengatakan, rasio karbon dan besi yang terdapat pada awan gas tersebut 35 kali lebih besar daripada yang terdapat di matahari. Hal itu menunjukkan bahwa awan gas diakibatkan oleh ledakan sebuah bintang yang ukurannya 25 lebih besar dari matahari.
“Ini (awan gas) adalah fosil yang bisa memberitahukan pada kita jejak yang hilang pada masa awal pembentukan semesta,” jelasnya. Ia mengatakan, bintang pertama itu memberikan kunci bagaimana semesta berevolusi dari lingkungan yang kaya hidrogen dan helium menjadi lingkungan yang kaya elemen oksigen, karbon, dan besi.(Yunanto Wiji Utomo)
Sumber: Kompas.com

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s