PD: Presiden Independen Harus Dikaji Dulu


VIVAnews –
Wacana pencarian calon presiden dari golongan non-partai politik kembali merebak menjelang pemilihan umum 2014. Wacana ini merupakan bentuk pengulangan wacana yang pernah terjadi di pertengahan tahun 2006-2007 ketika penyusunan paket Undang-Undang Politik dalam rangka menyusun sistem pemilu 2014.

Menanggapi hal ini, Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana Siregar menilai perlu ada lembaga independen untuk mengkaji jika calon pemimpin nonpartai ini akan dilaksanakan.

“Bagi kami, silakan saja jika ingin mencari pemimpin bangsa yang independen, karena banyak cara untuk cari calon pemimpin. Tapi harus dikaji terlebih dulu oleh lembaga independen,” kata  saat acara Polemik Trijaya ‘Calon Presiden Tanpa Parpol’ di Warung Daun, Cikini, Jakarta, 9 April 2011.

Meski demikian, Sutan menilai belum saatnya mencari pemimpin bangsa dari golongan nonpartai. “Yang penting saat ini, konstitusi kita dulu dibenahi. Sekarang, konstitusi kita itu jenisnya jenis apa, harus jelas dulu,” katanya

Menurutnya, Indonesia termasuk bangsa yang suka coba-coba, termasuk dalam pencalonan presiden independen atau perseorangan. Bahkan baginya, negara ini tidak konsisten dan sering melakukan perubahan amandemen.  “Belum selesai amandemen yang ini, sudah ada amandemen lagi. Bangsa ini nggak akan besar kalau begini terus.”

Sutan menyatakan, ada kriteria yang harus dimiliki oleh seorang calon pemimpin bangsa terlepas independen atau tidak. Pertama, kata dia, calon pemimpin harus bisa mengurus dirinya sendiri. Kedua, harus bisa juga mengurus keluarganya.

”Kalau memilih presiden, saya minta pada rakyat, lihat latar belakang kelurganya.” Dan terakhir, kata dia, seorang calon pemimpin juga harus diterima warga di sekitarnya. (umi)

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s