Polri Siapkan Pengacara untuk Susno


Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Pol Susno Duadji divonis 3,5 tahun oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Susno juga telah menyatakan banding atas putusan tersebut.

Mabes Polri pun memberikan bantuan hukum kepada Susno dalam proses hukum pasca-putusan itu. Pengacara dari Polri pun telah disiapkan untuk membela Susno.

“Sebagai anggota Polri, kami sediakan pengacara dari Divisikum (Divisi Hukum) Polri,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Pol Anton Bahrul Alam di Mabes Polri, Jakarta, Senin 28 Maret 2011.

Menurut Anton, tim hukum dari Mabes Polri ini akan dipimpin oleh Brigjen Pol DR Panggabean, dan dibantu oleh Brigjen Pol Izza Fadli. “Nanti bekerja sama dengan pengacara Pak Susno,” ujar Anton.

Susno mendapatkan vonis 3,5 tahun penjara atas dua kasus korupsi yang didakwakan. Kasus itu adalah korupsi dana pengamanan pemilihan gubernur Jawa Barat tahun 2008 dan suap penanganan perkara PT Salmah Arowana Lestari. Selain 3,5 tahun penjara, Susno diwajibkan membayar denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan dan mengembalikan uang negara Rp 4 miliar dalam waktu satu tahun.

Kasus ini mencuat setelah Susno membongkar mafia hukum Gayus Tambunan di tubuh Polri. Susno sendiri melakukan perlawanan hukum atas tuduhan ini. Susno juga sempat menempuh praperadilan atas penahanannya terkait dua kasus tersebut.

Uniknya, Polri saat itu bersikukuh menyatakan Susno bersalah. Tapi sekarang, Polri seakan berbalik mendukung, dengan menyediakan pengacara untuk Susno.

Apa alasan Polri memberikan bantuan hukum untuk Susno? “Beliau kan anggota kita. Sebagai anggota Polri kewajiban kita untuk membantu,” jawab Anton.

Tapi Kenapa bantuan hukum itu tidak diberikan sejak awal dan baru diberikan setelah Susno mendapat vonis? Menanggapi pertanyaan ini, Anton tidak menjawab dengan jelas.

“Beliau kan sebagai anggota Polri, kewajiban kami membantu,” ucap Anton. (umi)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s