UFO Kacaukan Penerbangan China


BEIJING(SI) – Sebuah benda terbang yang tak teridentifikasi (UFO) melintas di Huangzhou, Provinsi Zhejiang,China dan mengganggu sistem penerbangan di wilayah tersebut.

Benda tak dikenal yang muncul pada Rabu lalu (7/7) itu hingga kemarin tetap menjadi misteri karena tak teridentifikasi.Pemerintah China belum menyimpulkan apa pun mengenai hal tersebut.“Belum ada kesimpulan apa pun yang dapat ditarik,” ungkap Kepala Pusat Pengendali Lalu Lintas Udara (CAAC) China Wang Jiang seperti dikutip kantor berita Xinhuakemarin. Beberapa media berspekulasi bahwa UFO tersebut kemungkinan adalah pesawat pribadi.Pertimbangan itu didasarkan pada seiring meningkatnya jumlah kepemilikan pesawat pribadi di Provinsi Zhejiang.

Namun Wang mengungkapkan, analisis yang mengungkapkan bahwa UFO tersebut adalah pesawat pribadi masih merupakan sebuah tebakan. UFO tersebut dilaporkan seorang staf Bandar Udara Xiaoshan di Huangzhou yang melihat benda tak teridentifikasi di langit kota tersebut pada pukul 08.30 pagi,Rabu (7/7) waktu setempat. Namun UFO tersebut tidak tertangkap oleh radar.Akibatnya Bandara Xiaoshan pun ditutup atas pertimbangan keamanan pada pukul 08.45.Hampir satu jam setelahnya, baru bandara tersebut kembali dibuka pada pukul 09.41.

Penutupan bandara tersebut mengakibatkan puluhan penerbangan ditunda. Sekitar 2.000 penumpang mengalami keterlambatan pemberangkatan ataupun pendaratan hingga empat jam karena sempat dialihkan ke bandara lain. “Ini untuk yang pertama kalinya bandara di China ditutup karena kehadiran UFO,” ungkap salah seorang petugas Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) yang tak mau disebutkan namanya Menariknya, UFO itu berhasil dipotret oleh seorang warga di distrik Xiaoshan, Hangzhou, ibu kota Provinsi Zhejiang, China sebelah timur, pada suatu malam di pertengahan pekan ini.

UFO terlihat hampir selama satu jam dan menarik perhatian beberapa penduduk China malam itu. Seorang pengemudi bus bernama Yu mengaku melihat benda bersinar yang aneh di langit pada Rabu (7/7) malam. “Benda tersebut meluncur dengan cepat seperti berusaha melarikan diri dari sesuatu,” ujarnya.Dia mengungkapkan,benda itu tiba-tiba melesat ke arah barat seperti sedang melarikan diri terhadap sesuatu. Bahkan, China Daily melaporkan UFO tersebut memiliki kaitan dengan militer China. Beberapa pengamat di China mengklaim benda tersebut adalah puing-puing dari misil balistik interkontinental milik Amerika Serikat.

Menurut Zhu Dayi,pejabat dari Observatorium Shanghai, benda berkelip-kelip itu seperti sebuah cahaya di bawah kaki langit.Benda itu,kata dia,seperti sebuah pesawat yang terbang sangat tinggi, tetapi dapat dilihat meski berada di angkasa. Namun dia menambahkan, hal demikian biasanya terjadi setelah matahari terbenam. “Jika kecepatan benda yang berkelip-kelip tersebut sangat tinggi, itu bisa jadi pesawat militer,” tutur Zhu.“Tapi,tidak ada kesimpulan yang bisa ditarik saat ini karena informasinya sangat terbatas,” imbuhnya. Menurut staf bandara,belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas kelalaian pengaturan penerbangan itu.Para pejabat di CAAC China timur dan pihak bandara pun saling lempar tanggung jawab.

Pertanyaan selanjutnya adalah siapa yang akan bertanggung jawab terhadap kerugian maskapai penerbangan. Namun, orang dalam maskapai penerbangan mengatakan biaya kerugian akan dibebankan kepada pemilik UFO. Pada awal Juni lalu,sebuah benda tampilan mirip UFO menimbulkan ketakutan sejenak di Perthshire, Skotlandia. Setelah diselidiki, ternyata tampilan tersebut hanyalah awan yang tampak seperti pesawat terbang alien. Sebelumnya, pada awal Maret lalu, penampakan UFO dilaporkan terjadi di Selangor, Klang, Malaysia. Masyarakat mengaku tiga kali melihat penampakan benda tak dikenal itu pada Jumat (26/3). Pada 16 Maret lalu,sejumlah warga setempat melihat UFO di awan Selangor.

1 Comment

  1. wow, bgus tu, kunjung balik ya, http://ekoendya.wordpress.com


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s