Tembok raksasa china

Tembok Besar China

Tembok Besar China (Great Wall of China) diumumkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru. Enam keajaiban dunia lainnya yaitu Taj Mahal di India, Petra di Yordania, Patung Crist Redeemer di Brazil, Machu Picchu di Peru, Pyramida Chichen Itza di Brazil, dan Colosseum di Italia.
Penetapan status tujuh keajaiban baru dunia itu merupakan pilihan dari 100 juta orang di seluruh dunia lewat situs internet dan pesan singkat (SMS) telepon selular, yang diadakan oleh Swiss Foundation, suatu yayasan swasta nirlaba.
Pengumuman tujuh keajaiban dunia itu dibacakan aktor Inggris, Ben Kingsley, dan aktris AS Hillary Swank, sebagai pembawa acara dalam acara penetapan itu di Stadium of Light, Lisabon, Portugal, Minggu (8/7).

Sejarah Pembuatannya

Tembok Besar China atau Tembok Raksasa China, juga dikenal di China (Tiongkok) dengan nama Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 Li, merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Tiongkok.
Panjangnya adalah 6.350 kilometer dan tingginya 8 meter. Lebar bagian atasnya 5 m, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 m.
Untuk membuat tembok raksasa ini, diperlukan waktu ratusan tahun di zaman berbagai kaisar. Konon, ribuan orang tewas dalam proses pembuatannya.
Semula, diperkirakan Qin Shi-huang yang memulai pembangunan tembok itu, namun menurut penelitian dan catatan literatur sejarah, tembok itu telah dibuat sebelum Dinasti Qin berdiri, tepatnya dibangun pertama kali pada Zaman Negara-negara Berperang.
Kaisar Qin Shi-huang meneruskan pembangunan dan pengokohan tembok yang telah dibangun sebelumnya.
Sepeninggal Qin Shi-huang, pembuatan tembok ini sempat terhenti dan baru dilanjutkan kembali di zaman Dinasti Sui, terakhir dilanjutkan lagi di zaman Dinasti Ming.
Bentuk Tembok Raksasa yang sekarang kita lihat adalah hasil pembangunan dari zaman Ming. Bagian dalam tembok berisi tanah yang bercampur dengan bata dan batu-batuan. Bagian atasnya dibuat jalan utama untuk pasukan berkuda Tiongkok.
Tembok besar China dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.

Lambang Bangsa China

China merupakan sebuah negara yang mempunyai sejarah lama, kebudayaan yang cemerlang, dan kaya dengan obyek-obyek wisata.
Sedikitnya 29 warisan alam dan warisan budaya dunia ada di China. Itu menunjukkan kecerdikan dan kerajinan rakyat China. Jumlah warisan dunia yang ada di China itu menempati urutan ke-3 di dunia.
Tembok Besar atau Great Wall China dianggap sebagai salah satu antara “7 keajaiban dunia”. Tembok Besar China merupakan projek pertahanan militer zaman purba yang masa pembuatannya paling panjang dan proyeknya paling besar di dunia.
Tembok Besar China konon dibuat pertama kali pada abad ke-9 sebelum Masehi. Demi menghalangi penyerangan suku kaum di bahagian utara, pemerintah di tengah China pada waktu itu telah membuat tembok yang menyambungkan kubu-kubu pertahanan di kawasan sempadan, itulah Tembok Besar yang paling awal.
Tembok Besar China yang termasyhur itu mengandung semangat dan perasaan bangsa China dan kini telah menjadi lambang bangsa China.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s