LIPUTAN TABLOID KONTAN

Yuk, ikutan menelisik ulah alien di planet kita
Aktivitas penggemar fenomena makhluk dan pesawat UFO 

Oleh Bagus Marsudi/Kontan

Penggemar fenomena UFO tak pernah berhenti mencari tahu fakta keberadaan makhluk ruang angkasa di bumi. Mulai dari mencari bukti-bukti sampai mencari agenda tersembunyi UFO.

Sawangan, Senin, 4 November 2007, sekitar jam 4 sore. “Awalnya, anak saya dulu yang melihatnya di lapangan badminton, kemudian memberitahu saya, saya saat itu ada di teras taman depan, saya segera berusaha melihat secepat mungkin dari teras taman saya yang menggunduk seperti bukit, tetapi ternyata sudah nggak ada. Lalu anak saya mengajak saya ke lapangan badminton tersebut, saya berusaha secepatnya nyampe di sana.”

Setelah tiba di sana, memang sudah tidak ada. Lalu anak saya bilang, benda tersebut sudah ngambang beberapa saat di sana, lalu menghilang lagi, lalu muncul lagi berputar-putar beberapa lama, nah penampakan/sighting yang kedua inilah anak saya mulai memanggil saya dengan berlari.

Kembali ke saya, setelah tiba di lapangan, saya kecewa karena sudah tidak ada lagi. Tetapi anak saya meyakinkan bahwa benda itu akan muncul lagi. Saya cuma tertawa kecut. Dari mana tahu kalo mau muncul lagi? Saya putuskan menunggu beberapa lama, hampir kurang lebih 15 menitan, saat anak saya dan dua orang temannya naik ke bagian podium untuk juri menghitung nilai yang letaknya lumayan tinggi.

Maka di saat itulah dia berteriak, “Itu tuh ada di sana!” Lalu saya segera ke tempat yang lebih jelas tetap di area lapangan badminton tersebut, dan melihat benda lonjong tersebut bergerak dari arah kiri ke kanan, dan warnanya seperti sengaja menggunakan warna awan. Mungkinkah kamuflase? Bentuk tersebut masuk ke awan sebelah kanan dan menghilang tidak keluar ke sisi awan lainnya.”

Penampakan unidentified flying object (UFO) ini dikisahkan oleh Michael Gumelar. Kisah semacam ini bukanlah yang pertama dialami Gum, begitu sapaan dosen Jurusan Teknologi Animasi, Seni, dan Desain Universitas Multimedia Nusantara. Awal September silam ia bersama keluarganya juga sempat mengalami penampakan serupa saat menikmati pasar malam di Pamulang.

Di daerah Pamulang juga, tanggal 12 September 2007 sekitar pukul 20.45, Iwan Tri sepulang tarawih melihat empat cahaya di langit. Tiga cahaya yang membentuk formasi segitiga jalan beriringan. Warnanya merah, terang sekali. Sekitar tiga menit kemudian, empat cahaya itu menghilang.

Saksi lain, Ernesta Siadari, warga Pamulang, sekitar waktu yang sama melihat lima obyek oranye, sangat terang, berjalan pelan.

Barangkali, banyak orang yang menemukan hal aneh di langit secara tak sengaja. Mungkin sebagian hanya bisa kaget dan menceritakan pengalamannya pada keluarga atau teman dekatnya. Sebagian lainnya, bisa jadi, tak tahu harus bicara pada siapa.

“Banyak yang mengalami fenomena UFO, tapi tak tahu harus bilang pada siapa,” tutur Hasraldi.

Tapi, mereka yang gemar pada fenomena UFO ini tahu apa yang harus dilakukan. Sepuluh tahun terakhir, ada komunitas online penggemar UFO yang beralamat di
[EMAIL PROTECTED]

Dari sebuah milis, belakangan Nur Agustinus, seorang psikolog yang tinggal di Surabaya membuatsebuah website (www.betaufo.org) yang berisi informasi seputar keberadaan UFO di Indonesia dan berbagai referensi yang bisa diambil untuk tahu lebih banyak soal fenomena ini. “Minat saya ini berawal dari hobi dan keingintahuan mengenai fenomena UFO,” ungkap Nur, yang mengaku sejak kecil doyan cerita sci-fi (science fiction) ini.

Disokong oleh beberapa orang yang sejak awal memang meneliti keberadaan UFO seperti J. Salatun, mantan Kepala Lapan, komunitas online ini cepat menyebar. Menjelang peringatan 10 tahun pendirian komunitas ini, anggota Beta-Ufo sudah mencapai 552 orang. “Yang aktif sekitar 30 orang,” ujar Nur.

Anggotanya mulai dari awam, profesional, sampai militer. Ada yang memang pernah mengalami, sekadar ingin tahu, sampai yang meragukan UFO.

Di luar Beta-Ufo, ada beberapa komunitas lain: Ufosiana, Grey Race Foundation, UFO IC (UFO Indonesian Community) dan pemburu UFO (IUFOH atau Indonesian UFO
Hunter).

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

