U.F.O


Penampakan benda asing bercahaya yang diduga UFO di angkasa Wolf Creek thn 1996

UFO FO adalah singkatan dari Unidentified Flying Object, yang artinya benda terbang tak dikenal atau Benda Terbang Aneh (BETA). Istilah BETA dipergunakan oleh Marsekal Muda TNI (purn) J. Salatun, seorang penyelidik UFO senior Indonesia. UFO tidak harus merupakan sebuah pesawat luar angkasa, namun termasuk segala sesuatu yang terlihat di angkasa dan tak dapat dijelaskan. Dari keseluruhan laporan penampakan, umumnya hanya 10% saja yang tidak dapat dijelaskan atau dikenali melalui penyelidikan yang sangat serius. Sementara sisanya 90% dapat dijelaskan sebagai suatu fenomena alam atau hanya benda buatan manusia. Ilmu yang menyelidiki fenomena tentang UFO dinamakan Ufologi, sementara orang yang melakukan penyelidikan mengenai UFO disebut Ufolog. Makhluk yang membawa UFO disebut sebagai Ufonaut, dan umumnya lebih sering disebut dengan istilah: E.T. atau ALF (Alien Life Form). E.T. adalah singkatan dari Extra Terrestrial, yang artinya berasal dari luar bumi. Karena ada teori yang mengatakan bahwa makhluk UFO bisa saja berasal dari bumi (dari dalam bumi atau dasar laut), maka penggunaan istilah alien lebih sering digunakan daripada E.T. Penggunaan istilah “Piring Terbang” pertama kali digunakan oleh pilot Kenneth Arnold yang melihat sembilan obyek terbang aneh dalam suatu formasi di atas gunung Rainier, pegunungan Cascade, Washington. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 24 Juni 1947. Sejak itu, masalah UFO banyak dibicarakan orang.

Banyak teori beredar mengenai asal-usul UFO, salahsatunya yang paling populer berpendapat bahwa mereka ini sebenarnya adalah pesawat luar angkasa dari planet lain yang mengunjungi bumi. Namun demikian, teori ini sendiri belum didukung dengan bukti yang kuat sehingga kedudukannya masih lemah. Salah satu sebabnya karena ilmu yang menyelidiki mengenai UFO, Ufologi, masih cenderung dianggap sebagai pseudo science akibat sulitnya mendapatkan bukti-bukti atau data-data ilmiah yang bisa dikembangkan menjadi teori ilmiah.Para Ufolog biasanya mempelajari UFO sendiri dari berbagai saksi mata yang mengaku telah melihat benda asing tsb.

Perbincangan Masalah UFO di Forum PBB

Hari Senin tanggal 27 November 1978 merupakan saat bersejarah bagi masalah UFO: pada hari itu masalah UFO dibicarakan di dalam Komite Politik Khusus dari Majelis Umum PBB dalam sidangnya yang ke-33, dengan mata acara no. 126 yang berbunyi: Pembentukan suatu badan atau bagian dari PBB untuk melakukan, mengkordinasikan dan menyebarluaskan hasil penelitian UFO dan gejala-gejala yang bertalian. Dengan demikian masalah UFO yang kontroversal itu, yang sebelumnya telah 31 tahun lamanya menjadi pemberitaan dunia, akhirnya menjadi pembicaraan resmi di forum PBB.

Adalah sangat berguna bagi kita untuk mempelajari penyajian masalah UFO di forum PBB itu, oleh karena selain bersifat unik baik di dalam sejarah badan dunia tadi maupun di dalam sejarah UFO, bahan-bahan yang dikemukakan bersifat autentik sehingga dapat mengantarkan para pembaca ke dalam masalah UFO serta intisari persoalannya.

Masalah UFO untuk pertama kali diajukan ke forum PBB pada tahun 1975 oleh Sir Eric Matthew.Gairy, Perdana Menteri Grenada, suatu negara kecil yang terdiri dari sebuah pulau di Hindia Barat dengan penduduk 100.000 jiwa. Di dalam perdebatan umum di Majelis Umum PBB tahun berikutnya, ia mengimbau negara-negara besar untuk menyediakan informasi dan data lain tentang UFO bagi negara-negara dan rakyat lain di bumi ini.

Di dalam kata pembukaannya bagi penyajian masalah UFO, Perdana Menteri Sir Eric M. Gairy menerangkan mengapa Grenada begitu memikirkan masalah UFO dan bukan hal-hal lain yang langsung menyangkut perkembangan dunia. Dijelaskannya bahwa seluruh dunia sudah terlalu memikirkan masalah-masalah internasional yang ditilik dari sudut kepentingan tiap-tiap negara hal tersebut mudah dimengerti sehingga mereka seakan-akan lupa atau sangat sedikit memikirkan masalah-masalah internasional yang menyangkut dunia sebagai suatu keseluruhan. Motifnya untuk mengemukakan masalah UFO di forum PBB ialah “kepercayaan kepada adanya Yang Mahakuasa, dan pengakuan bahwa gejala UFO merupakan salah satu cara-Nya untuk berhubungan dengan umat manusia. Saya tahu bahwa merupakan tugas umat manusia untuk mempelajari dan mengerti lebih baik para utusan itu.”

Beberapa Kisah Mengenai Penampakan UFO:

Ternyata Penampakan UFO tidak hanya terlihat di era zaman Modern saja,banyak catatan-catatan kuno mengenai kehadiran UFO di masa lampau,diantaranya:

*Sebuah catatan kenegaraan pada Zaman pemerintahan Pharaoh Thutmose III, sekitar 1450 S.M,menceritakan dimana pada suatu malam di angkasa kerajaan Mesir kuno muncul suatu obyek yang menyerupai bulan,namun benda asing tersebut mempunyai sorot cahaya lebih terang daripada bulan.Dikisahkan,Masyarakat Kerajaan Mesir kuno yang sempat menyaksikan kejadian tersebut mengira penampakan cahaya misterius yang menyinari dataran tempat tinggal mereka adalah jelmaan dari Dewa Ra (Dewa Matahari bangsa Mesir Kuno) yang muncul di malam hari.

*Sebuah catatan kecil dari Julius Obsequens (99 S.M),seorang ajudan kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Julius Cesar,mengisahkan kemunculan benda aneh di langit Kerajaan Romawi yang berputar sangat cepat dan bergerak secara vertikal berulang-ulang kali lalu menghilang.
Beberapa minggu kemudian,suatu laporan dari seorang penduduk Roma juga mengisahkan di Tarquinia (merupakan daerah dari bagian Kekasisaran Romawi) menjelang matahari terbenam,sekelompok benda bulat, seperti bola bumi, perisai bulat atau bundar, bergerak dengan cepat di langit dari barat ke timur.”

*Ukiran Kayu Mahakarya seorang pemahat Jerman,Hans Glaser(1561) juga menggambarkan kemunculan sekelompok benda aneh yang memenuhi cakrawala diangkasa Kota Nurenberg yang disaksikan oleh puluhan pasang mata di kota tsb.Ia berpendapat benda-benda ini bukanlah merupakan gugusan bintang,karena benda asing tsb bergerak dan melakukan berbagai macam bentuk formasi yang selalu berubah-ubah setiap menitnya.

Sebelum banyak yang tahu menahu tentang istilah UFO maupun “piring terbang”,ada juga sejumlah laporan mengenai kejadian aneh yang ada sangkut pautnya dengan benda terbang yang tak teridentifikasi tsb

*25 Januari, 1878, Denison Daily News menulis bahwa seorang petani lokal, John Martin, melaporkan kepada kepolisian bahwa dia telah melihat benda terbang bundar yang gelap dan besar, menyerupai balon terbang dengan kecepatan sangat hebat.

*28 Februari, 1904,pengamatan oleh tiga orang anggota kru di USS Supply, melaporkan 300 mil sebelah barat San Francisco,muncul berbagai macam formasi terbang aneh yang mengeluarkan cahaya merah terang benderang diangkasa selama beberapa menit.Kemudian benda-benda tsb dalam sekejap menghilang secara misterius dan muncul kembali di area yang berbeda dari tempat kemunculanya yang pertama,namun ketiga saksi mata tsb masih dapat menyaksikannya karena jarak kemuncullan mereka yang ke dua tidak begitu jauh dari tempat kemunculan yang pertama.

*Seorang Astronom Inggris, E. W. Melantur ‘s pada 17 Nov,1882,mengisahkan telah melihat 2 benda asing terbang rendah di sekitar pelataran rumahnya sesaat ketika ia akan melihat ke angaksa dengan teropongnya.

*Pada 25 Februari,1942, U.S.Army mendapati 10 obyek misterius yang tak dikenali baik secara audio maupun visual dan tak terdeteksi oleh radar, melintas membentuk formasi lingkaran di angkasa Los Angles,California
Karena mereka menganggap bahwa 10 obyek misterius tersebut merupakan pesawat mata-mata musuh yang tak terdeteksi oleh radar,maka sekitar 20 tembakan rudal ditembakkan kearah obyek-obyek misterius tsb selama 20 menit sebelum meraka menghilang,namun tak satupun rudal mengenainya.Mereka menuturkan,kesepuluh obyek misterius tadi bergerak sangat gesit secara vertikal dan horisontal,bahkan mereka seakan-akan mampu berdiam diri diudara seakan-akan bersiap-siap menunggu luncuran rudal berikutnya.
Asal pesawat udara tidak pernah dikenali.
Insiden tersebut sekarang dikenal sebagai Pertempuran misterius Los Angeles, atau serangan udara Pantai Barat.

Pada Zaman-Zaman Modern seperti sekarang,laporan mengenai penampakan UFO mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar.Berbagai peristiwa kemunculannya banyak yang telah didokumentasikan.Berbagai bukti berupa picture maupun rekaman video telah banyak beredar.Namun,banyak pihak yang menyangsikan beberapa picture dan video-video dokumentasi tsb hanya merupakan rekayasa kecanggihan teknologi semata.Mengingat banyak-nya narasumber yang pernah membocorkan tentang pembuatan video maupun foto-foto penampakan UFO yang mereka buat sendiri.

Beberapa pict yang disinyalir merupakan penampakan UFO

Beberapa Klasifikasi Mengenai Penampakan UFO

Bebrapa Klasifikasi mengenai ciri-ciri bentuk kemunculan UFO pertama kali diuraikan
oleh Dr J. Allen Hynek dalam bukunya “UFO Experience” (Aberlard-Schuman 1972).

Berikut bebrapa Kalsifikasi ciri-ciri penampakannya:

A.NL (nocturnal light)
Penampakan visual berupa obyek lampu terbang yang tidak dikenali pada waktu malam hari
Kelompok ini mendapat presentase 35-40 % dari semua laporan pemapakan UFO.

B.ND (nocturnal disc)
Penampakan visual benda terbang yang tak dikenali dalam bentuk sederhana yang memenuhi langit dimalam hari,biasanya muncul dalam bentuk titik cahaya dalam jumlah yang banyak di angkasa.

C.DD (daylight disc)
Bentuk visual UFO dapat dilihat dengan jelas bentuk-nya pada waktu siang hari.

D.Radar Cases
Obyek UFO yang terdeteksi oleh radar,namun belakangan ini,fenomena penampakan UFO yang terlebih dahulu terdeteksi oleh radar sangat jarang didapat.

E.Radar Visual Cases
Obyek UFO dapat dikenali oleh radar,baik titik letaknya maupun rekaman bentuk visualnya,namun laporan seperti sangat jarang terjadi.Menurut sumber yang ada,tercatat hanya 2 Benda asing yang berhasil teridentifikasi dengan radar jenis ini

F.Close Encounters of the first kind (CE1, CEI)
UFO terlihat sangat jelas bentuk visualnya karena terbang dalam keadaan rendah

G.Close Encounters of the second kind (CE2, CEII)
Merupakan suatu jejak yang tertinggal dari penampakan UFO,misalnya suatu tempat yang disinyalir merupakan pendaratan seuatu UFO karena dilihat dari bentuk struktur tanah yang membentuk suatu citra yang aneh atau suatu tempat dimana ditemukan seriphan-serpihan seperti sisa sebuah benda asing yang hancur.

H.Close Encounters of the third kind (CE3, CEIII)
Berupa laporan dari sesorang yang menceritakan dirinya pernah diculik oleh segerombolan makluk asing dan membawanya kesebuah dimensi lain di alam semesta.Laporan model seperti ini telah banyak terjadi,yang kemudian muncul dengan berita yang mengundang banyak tanya bagi orang-orang yang membaca kisahnya.Di Indonesia pun kejadian penculikan yang dilakukan oleh Makluk Asing pernah terjadi
sebelumnya.

Beberapa Gejala Yang Sering Dihubungkan Oleh Penampakan UFO

A.Earthlights
Kadang-kadang juga dikenal sebagai Teori Ketegangan Tektonik.
Menyimpulkan bahwa cahaya kenampakan yang diduga berasal dari sorot Benda Asing (UFO) disebabkan oleh efek peizo-listrik,yaitu sumber cahaya akibat gesekan meteorid2 dengan lapisan atmosfer bumi yang menimbulkan percikkan api.karena percikkan-percikkan tadi menghasilan debu yang masih menyala dan berterbangan di angkasa,maka sering dikatakan sebagai penambakan UFO.

B.MIB
Pernah difilm-kan sebelumnya sebagai agen penangkap dan peneliti makluk luar angkasa.antara dekade 60’an sampai awal 80’an,agen2 seperti ini sempat ada sebelumnya,dengan setelan jas hitam dengan topi yang berwarna hitam pula, semakin memantapkan identitas keberadaan individu-individu tsb sebagai sekelompok orang yang misterius.namun sekarang agen2 misterius tsb mungkin sudah tidak pernah dijumpai lagi.

C.Unusual Ground Markings (UGM)
Jejak-jejak diatas tanah pertanian atau tanah yang berumput,biasanya membentuk citra berupa cekungan di daerah tsb.baisanya diserai dengan efek-efek terbakar pada tanaman disekeliling citra cekungan tadi.

Namun sejauh ini,sejumlah Astronot dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA),menyatakan bahwa UFO memang benar-benar ada,dan kehidupan di alam lain mungkin juga merupakan sesuatu yang nyata.Tentunya argumen tsb merupakan hasil dari penyaksian mereka sendiri pada saat bertugas diluar angkasa.Banyak Astronot NASA mengisahkan tentang pengalaman-pengalamannya menjumpai benda-benda asing yang tak dikenal dalam misi mereka di luar angkasa.Bahkan,ada kisah yang menyatakan sekelompok benda misterius yang bersinar mengikuti pesawat mereka pada saat melakukan misi antariksanya.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s