Rekor: 19 Asteroid Ditemukan Dalam Semalam

Rekor: 19 Asteroid Ditemukan Dalam SemalamBrett Simison

Teleskop Pan-STARRS PS1 berhasil menemukan 19 asteroid dalam waktu semalam. Jumlah ini merupakan rekor baru.
Rekor dicetak teleskop, yang berlokasi di Gunung Api Haleakala, Maui, Hawaii, pada 29 Januari 2011 lalu. “Temuan ini merupakan bukti bahwa PS1 adalah teleskop terbaik untuk studi macam ini,” kata Pemimpin proyek PS1 Nick Kaiser dari University of Hawaii.
PS1 yang dilengkapi kamera digital terbesar yang didesain untuk mengambil ratusan foto angkasa tiap malam. Ratusan foto tersebut dibandingkan untuk mengetahui gerakan asteroid. Ilmuwan melacak gerakan asteroid berdasarkan posisi asteroid dengan posisi bintang yang statis.
Pada malam tanggal 29 Januari, sebenarnya PS1 menemukan 30 kandidat asteroid. Namun setelah citra dikirim ke Minor Planet Center dan dianalisis oleh astronom menggunakan teleskop di Mauna Kea Observatories di Hawaii, hanya 19 asteroid saja yang terbukti keberadaannya.
Dua dari 19 asteroid yang ditemukan akan mendekati Bumi dalam waktu relatif dekat, tapi keduanya tidak menimbulkan ancaman serius dalam jangka pendek. Meskipun demikian, para ilmuwan belum dapat memprediksikan hal yang akan terjadi beberapa abad mendatang. Yang pasti, mereka tahu jika hantaman asteroid terjadi, dampaknya pada Bumi akan luar biasa.
Pan-STARS PS1 adalah singkatan dari Panoramic Survey Telescope and Rapid Response System. Teleskop ini memiliki cermin utara selebar 1,8 meter dan pencitraan digital beresolusi 1400 megapiksel. Teleskop ini didesain secara khusus untuk mencari asteroid yang berpotensi mengancam Bumi. (Yunanto Wiji Utomo)

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s