Membaca Blog bagaikan Mendengarkan Lagu

Pernahkah ada orang yang memandang sebelah mata terhadap hobi anda terkait dengan blog dan kegiatan blogging?

Kebetulan saya pernah, dan kejadian yang terakhir juga belum lama, baru sekitar 2 minggu yang lalu. Waktu itu teman lama saya ketika masih sekolah di Cilacap berkunjung ke Jogja. Dan kita sempat berbincang-bincang ngalor ngidul sambil menyantap mie ramen di dekat kampus. Kebetulan teman saya itu ketika kuliah sering ikut dalam kegiatan aktivis, dan punya hobi ngeband juga, ditambah lagi seingat saya teman saya itu juga cukup narsis. Lalu iseng-iseng saya bertanya apakah ia punya blog, soalnya dia sering terlihat online di YM. Ternyata jawabannya cukup mencengangkan, yaitu

Enggalah, kurang kerjaan, kaya ga punya temen aja :)

Jawaban yang ekstrim yach, mengingat apresiasinya terhadap dunia musik.. Tapi mungkin aja sebagian pendapat teman saya ada benernya, bisa jadi saya rajin blogging karena ga punya teman yang bisa mewadahi rasa ingin tahu saya, dan hasrat untuk mengeksplorasi keilmuan yang saya minati melalui interaksi dengan orang lain yang memiliki interest sama, sehingga larinya ke kegiatan blogging. Tapi itu bukan berarti saya ga punya teman, teman saya cukup banyak kok (bahkan kita punya jadwal bulanan duel game Naruto Narutimate Accel 2 di PS2 untuk menentukan ninja terhebat Konoha), yang ngantri jadi teman saya juga sepertinya masih banyak *becanda narsis*

Banyak orang berpendapat bahwa membaca artikel blog itu bagaikan mendengarkan obrolan orang lain, akan tetapi saya justru menganggap membaca artikel blog itu layaknya mendengarkan nyanyian seseorang.

Kenapa begitu? Karena menurut saya, semua orang di dunia ini pasti punya opini dan cerita yang bisa mereka bagi, dan asalkan mau dan mampu secara fisik dan materiil, semua orang bisa menuliskannya di blog mereka, dengan mengabaikan readership dari artikel tersebut. Nah, yang membedakan antara blog satu dan blog lainnya adalah cara mereka melagukan opini dan cerita mereka melalui artikel-artikel yang mereka publish di blog.

Logika ini sama halnya dengan sebagian besar orang memiliki suara, mereka juga bisa menghapalkan lirik-lirik lagu dari penyanyi terkenal. Tapi begitu mereka menyanyikannya, belum tentu ada orang lain yang bisa menikmatinya kan? Bahkan mungkin ada yang buru-buru menyuruh kita berhenti bernyanyi *terutama bila saya yang bernyanyi:D

Seperti keberadaan berbagai aliran dalam bermusik dan bernyanyi, gaya blogger dalam menuangkan idenya di blog pun bermacam-macam, ada yang gaya menulis blognya berapi-api, ada yang penuh canda, ada yang cool dan berwibawa dan banyak lagi, sesuai dengan kepribadian sang blogger. Akan tetapi tetap saja, butuh sentuhan khusus untuk membuat sebuah artikel blogbisa dinikmati dan dibaca dengan mudah dan menyenangkan (kalo di musik istilahnya easy listening:D

Jadi, saya rasa ngeblog bukanlah semata-mata sebuah kegiatan yang kurang kerjaan seperti pendapat teman saya. Justru menurut saya, blogging adalah sesuatu yang membuat kita bekerja lebih efisien karena memaksa kita untuk kembali mengingat detil cerita, pengalaman atau pengetahuan. Baik lho bagi kesehatan otak kita. Saya juga cukup merasa terbantu dengan keberadaan beberapa blog dan situs berguna ketika saya menyelesaikan skripsi. Maka dari itu, bagi para blogger yang sudah memulai blogging dan memberikan nilai lebih di artikel blognya, berbahagialah, karena anda sudah menyumbangkan sebuah pemikiran yang berguna di dunia maya ini. Dan bagi blogger yang merasa blognya masih abal-abal seperti saya, mari kita belajar dan berkembang untuk bisa menjadi blogger yang lebih baik. Dan satu lagi, jangan membajak

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s