Fitur Blog WordPress di Friendster

Dalam artikel lama saya yang berjudul jadi blogger ga harus bisa web design, saya pernah mengatakan bahwa pertama kali saya belajar blogging adalah ketika ada fitur blog di Friendster. Saat itu, blog engine yang digunakan oleh Friendster masih merupakan produk SixApart, yaitu produsen Movable Type dan Typepad. Soal fitur, jangan ditanya, sudah pasti sangatlah minim jika dibandingkan dengan wordpress.com dan blogger.com.

Namun, sepertinya hal itu akan segera berubah. Semalam, ketika saya mengunjungi blog teman saya dalam agenda rutin menyebar backlink, tiba-tiba tampilan blog teman saya kok menjadi seperti themes Kubrick (default theme wordpress). Karena penasaran langsung saya buka Page Info dari halaman web tersebut, dan ternyata generatornya adalah wordpress 2.6 :D

Ternyata di bulan puasa ini akhirnya Friendster ‘insyaf’ juga memaksakan diri menggunakan blog engine dari SixApart yang lemot itu dan beralih ke WordPress yang kaya fitur itu. Langsung deh saya coba utak-atik blog wordpress baru di account Friendster saya, sayang themes yang disediain dikit banget, masih kalah sama provider blog wordpress Indonesia. Untuk space upload, Friendster memberikan ruang sebesar 50MB untuk gambar, dokumen dsb. Hanya saja tidak ada plugin yang diinstal di engine mereka, atau mungkin memang belum diinstall plugin-plugin WordPress-nya. Berhubung engine yang digunakan sudah WordPress 2.6, berarti secara SEO, permalink sudah bisa dioptimasi. Untung saja, kasus perseteruan Agnes Davonar vs Zalukhuterjadi sebelum migrasi blog engine Friendster ini.. Kalo engga si Agnes bisa mainin permalink-nya hehehe :D

Lalu, keuntungan bagi kita apa?

Ya.. bagi saya sih, ini berarti akan lebih banyak blog yang bisa dikunjungi, soalnya, cukup banyak juga pengguna Friendster yang ngeblog, dan selama ini sistem commenting mereka jauh lebih parah ketimbang blogger.com, satu saudara sama multiply yang mengharuskan login dulu untuk mengisi komentar. Sekalipun link komentarnya bersifat no follow, tapi kan lumayan buat naikin stat Yahoo backlink (atau lebih dikenal link popularity) blog kita di Sponsored Review :D Media penyebaran backlink kita juga bisa lebih luas lagi, karena sekarang kan uda bisa buat blogroll di sana, siapa tahu ada Friendster blogger yang mau ngelink ke blog kita :D

Selain itu, bagi mereka yang account Friendster-nya “terawat”, kita dapat mendatangkan traffic ke blog kita melalui blog di Friendster, entah lewat sindikasi RSS ataupun link anchors, karena setiap kita posting di blog Friendster kita, jaringan teman-teman Friendster kita akan mendapatkan notifikasi di emailnya (serasa punya subscriber kan), lumayanlah buat memancing traffic.

Trus blog wordpress-nya bisa dipasang kode AdSense ga?

Blog WordPress di Friendster tidak bisa dipasang kode AdSense, tadi saya sudah mencobanya dan kode javascript-nya langsung dihapus :( Seandainya bisa ya.. pasti mengasyikkan karena PPC Network Indonesia juga sudah mulai berkembang akhir-akhir ini :D

Langkah migrasi blog ini mungkin diambil karena Friendster mulai merasa kepayahan bersaing dengan social network lain, terutama Facebook.. Ah.. ngomong apa saya ini.. seperti analis dunia internet saja :D Ya.. kita lihat aja apa perubahan ini bakal ada pengaruhnya pada blog kita atau tidak :D

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

