Ada Kawah Kembar di Mars

Ada Kawah Kembar di Mars

HiRISE

Berdasarkan gambar kawah kembar di permukaan Mars yang terekam oleh HiRISE, Mars diperkirakan dihantam oleh dua meteor… sekaligus.
Itulah hasil analisis kontributor Discovery News Ian O’Neill. Ia yakin kedua kawah itu terjadi bersamaan. “Jika sebuah tubrukan terjadi satu per satu, kawah baru akan di atas kawah yang lama. Tapi ini sangat simetris, jadi mereka tercipta pada saat yang sama,” jelas O’Neill pada artikel.
Pertanyaannya, bagaimana hal itu terjadi? O’Neill menjelaskan kalau awalnya meteor itu hanya satu, tapi kemudian terbelah menjadi dua ketika masuk ke dalam atmosfer Mars. Kebetulan, kedua belahan itu berukuran hampir sama dan jatuh di tempat yang sangat dekat, bahkan saling berdampingan.
Tercatat pada situs web HiRISE kalau asteroid dan komet bisa terpecah jadi dua ketika masuk ke dalam atmosfer sebuah planet. Asteroid Itokawa, yang dikunjungi oleh Hayabusa, pesawat luar angkasa milik Jepang, punya dua bagian.
Mars bukan hanya punya kawah kembar dua, tapi juga punya kawah kembar tiga. Akan tetapi, kawah kembar tiga ini tidak tampak sejelas kawah kembar dua. “Mungkin karena kawah ini lebih tua dan sudah tergerus,” jelas O’Neill.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s