Tips Diet: Makan Sepagi Mungkin

Belum ada kata “damai” untuk peperangan antara wanita dan lemak. Masih banyak wanita merasa tubuhnya belum sempurna jika belum menurunkan beberapa kilogram lagi dari tubuhnya. Segala macam cara sudah dicoba, dari olahraga, pil diet, hingga akupunktur. Tentu saja usaha-usaha tersebut akan sia-sia jika asupan makanan tidak diatur dengan baik.

Padahal yang terpenting untuk dijaga agar bobot tubuh tidak melebihi batas yang diinginkan adalah asupan sehari-hari. Tak perlu serta-merta mengurangi atau berhenti makan sekaligus, cukup dengan mengatur jadual dan porsi makan saja.
Ketika menyangkut makanan, riset yang dilansir RealAge.com mengatakan bahwa kapasitas manusia untuk merasa puas atau kenyang lebih cepat dan kuat di pagi hari, dan secara progresif berkurang sepanjang harinya. Dengan kata lain, jangan lupa makan atau sarapan di awal hari Anda. Jika tidak sarapan, Anda hanya akan merasa lapar di sisa hari, sehingga mengasup lebih banyak kalori.
Jika Anda ingin menghilangkan beberapa kilo lagi dari tubuh (atau ingin mempertahankan bobot tubuh), sebuah riset menyarankan untuk mengatur porsi makan lebih banyak di pagi hari, porsi menengah di siang hari, dan sedikit di malam hari. Tentunya jika Anda memiliki siklus harian yang teratur.
Bahkan, makan “berat” saat sarapan, apalagi yang menunya mengandung protein sehat dan karbohidrat, bisa mengurangi rasa ingin mengemil sepanjang hari. Dalam hal ini memang tidak bisa dipastikan berapa jumlah kalori yang harus Anda konsumsi setiap kali makan, karena setiap manusia memiliki hitungannya sendiri.
Berikut adalah tips untuk menghindari keinginan mengemil dan mengendalikan kalori:
* Telur. Dengan menambahkan menu telur di sarapan Anda akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Kolesterol jahat yang terkandung di dalam telur bisa diminimalisasi jika Anda mengawasi konsumsinya (tak lebih dari 1 sehari).
* Jangan lewatkan waktu makan, khususnya sarapan. Buat sarapan menjadi kebiasaan harian dalam rentang waktu satu jam setelah bangun tidur.
* Disiplin dan kekuatan diri. Mengemil karena emosi bisa membuat Anda merasa lebih baik dalam waktu singkat, namun bisa menambah bobot tubuh dalam waktu yang panjang. Ketimbang mengemil, kunyah saja permen karet (beberapa permen karet memiliki efek laktasi jika terlalu banyak, perhatikan berapa banyak yang Anda kunyah), atau minum segelas air putih, atau berjalan-jalanlah sebentar.
* Atasi rasa lapar. Jika memang Anda terpaksa dan harus mengunyah di luar jam makan, cukup konsumsi sup bening. Jika rasa lapar menyerang di waktu malam padahal Anda sudah makan malam, alihkan pikiran, dan cobalah untuk tertidur. Letakkan kudapan di bagian paling belakang lemari penyimpanan.
* Jangan kelaparan. Siapkan makanan Anda dalam porsi yang sama, namun pilih makanan yang segar dan ringan (seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan yang direbus) ketimbang makanan berat dan digoreng.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s