Terungkapnya Misteri Foto Hantu Wem (Ghost Wem)

Foto bawah, gadis dari postcard, atas foto hantu yang selama ini beredar (Foto:Ist)

Misteri sebuah foto yang menggambarkan hantu seorang gadis kecil berdiri di tengah kobaran api, akhirnya terungkap yang belakangan beredar di suratkabar asing. Ternyata foto tersebut merupakan gambar dari kartu pos.
Fotografer amatir Tony O’Rahilly mengambil gambar tersebut saat terjadi kebakaran di Balai Kota Shropshire pada 19 November 1995.

O’Rahilly mengklaim bahwa foto tersebut menangkap gambar seorang gadis kecil dengan menggunakan busana zaman dahulu berdiri di tengah kobaran api dan menatap pada kamera.

O’Rahilly yang meninggal pada 2005 lalu, sempat menyangkal bahwa foto tersebut rekayasa. Foto tersebut akhirnya dinamakan Wem Ghost atau hantu Wem dan menjadi headline di semua suratkabar di seluruh dunia.

Warga bahkan meyakini bahwa hantu tersebut merupakan penampakan Jane Churm. Gadis berusia 14 tahun itu secara sengaja membakar Balai Kota pada 1677.

Tapi mata jeli dari Brian Lear 77 tahun, akhirnya memecahkan misteri yang selama 15 tahun ini terkubur. Dia melihat kesamaan gadis yang tampak di foto tersebut, mirip dengan kartu pos yang dia miliki.

Kartu pos tersebut dicetak oleh Shropshire Star dan menggambarkan jalanan di Wem pada tahun 1922.

Seorang gadis kecil berdiri di depan pintu toko di sebelah kiri kartu pos sangat mirip dengan gambar yang ada di foto Wem Ghost.

“Sangat menarik untuk membandingkan kedua foto itu. Baju yang dikenakan gadis itu mirip sekali,” ujar Lear, seorang pensiunan ahli mesin dan supir taksi, dari Shrewbury, Shropshire. Seperti dilansir Telegraph.

Selama ini, Wem Ghost menjadi simbol yang diletakkan di balai kota. Warga banyak menyebut Wem sebagai “Ghost Town” atau Kota Hantu. Namun misteri itu justru menarik ratusan wisatawan untuk berkunjung ke kota itu tiap tahunnya.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s