Operasi Wajah Total Pertama Dalam Sejarah Medis

ruhan. Dalam ‘holy grail of plastic surgery’, seorang pemuda tidak bisa bernapas, menelan atau berbicara dengan baik setelah kecelakaan pertanian lima tahun yang lalu sehingga wajahnya rusak total dan akhirnya diganti sepenuhnya.
Sejumlah transplantasi parsial telah dilakukan Isabelle Dinoire dan wajahnya diperbaiki oleh ahli bedah Perancis pada tahun 2005. Tapi sampai sekarang, tidak ada seorangpun yang memiliki keahlian atau keberanian untuk mengganti seluruh wajah. operasi berlangsung selama 24 jam melibatkan 30 ahli bedah, dokter anestesi, perawat dan ahli medis lainnya di rumah sakit Vall d’Hebron di Barcelona.
Laki-laki, seorang petani berusia 30-an, yang namanya masih dirahasiakan, menerima otot wajah baru, kulit, hidung, bibir, rahang, gigi, langit-langit dan tulang pipi. Ia mengalami kecelekaan sehingga sebagian besar wajahnya rusak, termasuk hidung dan rahang, dengan senapan lima tahun yang lalu. Dia pergi dengan lubang menganga di mana mulut dan hidungnya seharusnya berada.
Sebelumnya upaya bedah untuk membangun kembali wajahnya telah gagal. Operasi transplantasi wajah penuh berlangsung pada tanggal 20 Maret tapi rincian baru saja diumumkan kepada publik. Penerima dikatakan pulih dan sudah melihat sekilas wajah barunya. Joan Pere Barret, kepala operasi plastik rumah sakit, berkata: “Pasien memiliki bekas luka di kening dan lehernya, tetapi mereka akan hilang tak terlihat.
“Dia telah melihat dirinya sendiri ketika dia bilang dia ingin dan meminta seorang psikolog untuk membangkitkan mentalnya. Ini adalah seminggu setelah operasi dan dia bereaksi dengan baik, mengatakan ia puas dengan hasilnya. ” Meskipun orang itu telah diberikan wajah lain, ia tidak akan melihat donor wajahnya, yang telah meninggal dalam kecelakaan jalan.
Sebaliknya, wajah barunya akan seperti kembar identik dengan donor. Dia diperkirakan akan tetap di rumah sakit selama dua bulan. Dr Barret mengatakan: “Tujuan kami adalah bahwa dalam beberapa minggu, ia mulai bicara dan makan serta tersenyum dan tertawa.” Kekhawatiran terbesar sekarang adalah bahwa tubuh manusia akan menolak transplantasi.
Dia harus mengambil obat immunosuppressant kuat untuk sisa hidupnya dan menghadapi peningkatan risiko kanker sebagai hasilnya. Obat-obatan juga dapat memicu penyakit lain seperti diabetes. tubuh Miss Dinoire mencoba dua kali untuk menolak transplantasi dan seorang Prancis yang diberi wajah baru dalam dua tahap meninggal setelah infeksi memicu serangan jantung.
Ada juga kekhawatiran bahwa pasien yang telah melewati trauma dari kecelakaan besar, ditambah operasi yang tak terhitung jumlahnya, akan berjuang untuk mengatasi efek psikologis dengan kehilangan identitas mereka. Namun, banyak yang percaya risiko yang harus diambil.
Ahli bedah Inggris Peter Butler, berharap untuk melaksanakan operasi pertama transplantasi wajah secara total di dunia di London’s Royal Free Hospital, berpendapat teknik ini sangat bermanfaat. Mr Butler mengatakan: “Ada seperempat juta orang di Inggris dengan wajah cacat yang berat untuk operasi rekonstruksi yang gagal.
‘Kualitas hidup mereka yang tak terlukiskan miskin dan banyak jarang meninggalkan rumah mereka. “Mereka tinggal di sebuah senja, bersembunyi dalam bayangan dan takut untuk mengungkapkan diri mereka untuk diawasi publik yang tak kenal ampun.
“Tak ada yang meremehkan tantangan dari apa yang kita mengusulkan untuk dilakukan, tetapi jika transplantasi wajah berhasil, itu akan menjadi pilihan pertama yang ditawarkan untuk mereka yang tinggal di zona senja yang mengerikan, dan bukan yang terakhir. “Ini akan memberi mereka kesempatan untuk sekali lagi berjalan di sepanjang jalan di siang hari bolong dengan memperhatikan siapa-siapa.”
Memberi selamat kepada tim Spanyol, Mr Butler berkata: “Kita juga harus ingat keluarga donor, kita mengerti, telah membantu tidak hanya pasien transplantasi wajah tetapi yang lain, dengan berbagai bentuk donasi organ. “Untuk membantu orang lain, tidak hanya untuk hidup tetapi untuk memiliki kehidupan yang baik, adalah tindakan tertinggi dari kemurahan hati manusia.” Yang pertama dari empat operasi Inggris akan dilakukan segera jika donor yang cocok telah tersedia.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s