Cara Mudah Merencanakan Masa Depan

Terkadang sering dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita mengalami kesulitan atau himpitan keuangan yang sangat mengganggu, padahal hidup ini terus berjalan. Kita tidak boleh menyerah kepada semua kesulitan yang kita hadapi, semua masalah ada jalan keluarnya. Jika begitu halnya, mungkin cara di bawah ini dapat mengurangi kesulitan keuangan Anda.
Catat semua sejarah keuangan Anda
Catat dan rencanakan. Lihat semua sejarah keuangan Anda mulai dari hutang kartu kredit, pinjaman KTA, kredit rumah, kredit mobil, dan sebagainya. Catat semua dan urutkan dari yang paling besar sampai paling kecil nominalnya. Jangan lupa untuk mencatat semua aset, tabungan, deposito, saham, dan sebagainya.
Tentukan tujuan jangka pendek
Apakah Anda akan melunasi hutang yang paling besar nominalnya? Atau melunasi pinjaman KTA? Tentukan semua rencana jangka pendek Anda. Ingin menabung 500.000 per bulan untuk dana darurat. Semua langkah bisa diambil asalkan sesuai dengan kemampuan dan komitmen yang telah dibuat.
Periksa ulang anggaran belanja
Ingin blackberry? Ingin audio video dan home theather system? Sebaiknya ditunda dahulu semua keinginan Anda. Focus semua anggaran kepada hal-hal yang penting, seperti ongkos bensin, ongkos untuk makan pagi, siang, dan malam dan lain sebagainya yang memang perlu untuk menunjang kehidupan. Bolehlah sisihkan anggaran 100.000-200.000 untuk ‘foya-foya’ memanjakan diri seperti nonton di bioskop, membeli CD atau film.
Fokus kepada anggaran serta tujuan jangka pendek yang telah ditentukan
Langkah ini sangat penting, karena jika tidak ada komitmen maka semua yang telah direncanakan bisa gagal total. Lapar mata merupakan godaan yang sulit dihindari, tetapi bukan berarti harus membabi buta mengikuti “kelaparan” itu bukan? Sulit, tapi bisa dihindari. Ingat terus akan tujuan dan niat yang telah Anda buat.
Periksa ulang anggaran serta tujuan dari waktu ke waktu
Fluktuasi ekonomi akan terus terjadi dari waktu ke waktu, ada baiknya periksa anggaran serta tujuan jangka pendek secara regular. Siapa tahu bensin sudah naik harganya? Bahan makanan sudah naik? Tentu saja Anda harus mengganti anggaran belanja Anda.
Cari pendapatan tambahan
Untuk lebih memudahkan jalan menuju kebebasan, mungkin Anda bisa mencari tambahan penghasilan dengan memanfaatkan waktu luang Anda.
Lakukan perencanaan jangka panjang
Selagi semua tujuan jangka pendek terpenuhi sebagian, maka saatnya Anda tinjau ulang rencana langkah panjang Anda. Beberapa hal yang mungkin akan ada di dalam perencanaan jangka panjang adalah : dana darurat, menabung untuk hari tua, serta tidak lupa sesuaikan gaya hidup dengan kondisi keuangan Anda

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s