Naskah Kitab Abad 17 ‘Bahrul Lahut’ Ditemukan di Pamekasan

kitab kuno ditemukan di pamekasanNaskah kuno kitab ‘Bahrul Lahut’ (Samudera Ketuhanan) yang meru- pakan kitab filsafat tulisan tangan ulama asal Aceh telah ditemukan di Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

“Kalau dilihat dari kertasnya, kitab ini diperkirakan ditulis pada sekitar abad ke-17,” kata peneliti naskah kitab kuno di pesantren itu, Umi Masfiah, Rabu (9/3).

Kitab itu ditemukan tim peneliti dari Balai Litbang Kantor Kementerian Agama Semarang di Pondok Pesantren Sumber Anyar, Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan. Kondisi kitab karya ulama asal Aceh ini sebagian sudah tidak utuh lagi dan banyak yang berlubang, karena dimakan rayap.

Ada sekitar 80 eksemplar naskah kitab kuno yang ada di pesantren itu, dan semuanya ditulis dengan tangan.

“Kalau jenis kitabnya sekitar 120 kitab, karena dalam satu naskah ada yang lebih dari satu kitab,” kata Ketua Pengurus Perpustakaan Sejarah di pesantren itu, Kholis.

Kitab ‘Bahrul Lahut‘ merupakan salah satu kitab yang membahas tentang filsafat ketuhanan di antara sejumlah kitab dalam naskah-naskah kuno yang ada di perpustakaan itu. Bahrul Lahut atau Samudera Ketuhanan ini sempat didaku (diklaim) sebagai karya ulama Malaysia, karena menggunakan bahasa Melayu, tetapi kitab ini sebenarnya merupakan kitab karya ulama Indonesia asal Aceh.

Selain kitab Bahrul Lahut, juga ditemukan naskah kitab kuno karya intelektual Muslim, Ibnu Arabi, yakni kitab ‘Tuhfatul Mursalah’ dan ‘Kitabul Waqad‘ atau ilmu astronomi yang juga ditulis dengan tangan. Salah satu isi kitab astronomi yang berbahasa Arab ini menjelaskan tentang peredaran bumi, bulan, dan matahari.

Menurut koordinator tim peneliti Balai Litbang Kemenang Semarang, Zainul Atfal, penelitian naskah kuno ini dilakukan untuk meneliti khazanah keilmuan keagamaan di Indonesia.

“Kami memilih pesantren ini sebagai lokasi penelitian, karena untuk sementara, naskah kuno terbanyak berada di pesantren ini,” kata Zainul Atfal. [antara]

Pemerintah Diharap Selamatkan

Para peneliti naskah kuno itu meminta, pemerintah hendaknya bisa menyelamatkan naskah kitab kuno yang ditemukan di pondok pesantren Sumber Anyar, Pamekasan.

“Kami akan meminta pemerintah melalui Kantor Kementerian Agama Pusat untuk memelihara naskah kitab kuno yang ada di Pamekasan ini,” kata Zainul Atfal.

Ia menjelaskan, tempat perpustakaan naskah kitab kuno yang ada di pesantren itu kurang memadai, sehingga banyak kitab-kitab penting bersejarah yang dimakan rayap. Padahal, naskah kitab kuno yang ada di pesantren itu merupakan khazanah kekayaan intelektual yang masih tergolong asli, karena semua jenis kitabnya ditulis tangan.

“Kalau tidak dipelihara dengan baik, maka semuanya bisa rusak. Buktinya saat ini saja sudah banyak yang dimakan rayap,” kata Zainul Atfal.

Ada sekitar 80 eksemplar kitab kuno bertuliskan tangan yang ada di perpustakaan pondok pesantren Sumber Anyar, Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan ini. Menurut kolektor kitab di lembaga itu, Habibullah Bahwi, jenis kitab tersebut belum termasuk kitab-kitab yang dipegang oleh para keluarga pesantren yang juga bertuliskan tangan.

“Kalau secara keseluruhan tidak kurang dari 200 jenis kitab yang semuanya bertuliskan tangan. Yang berhasil kami kumpulkan di perpustakaan ini, baru sekitar 80 kitab,” katanya menjelaskan.

Jenis kita kuno yang ada di perpustakaan pondok pesantren ini terdiri dari berbagai jenis keilmuan, seperti fiqih, ilmu tasawuf, tata bahasa Arab (sharaf dan nahwu), serta ilmu astronomi. Salah satu kitab yang sempat diklaim sebagai hasil karya ulama Malaysia berjudul ‘Bahrul Lahut’ juga ditemukan di perpustakaan ini

1 Comment

  1. sy mo tanya tentang pondok pesantren yg dipimpin oleh kyai terang di tahun 1950an. terima kasih atasinformasinya.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s