Monsieur Chouchani

Monsieur Chouchani

Monsieur Chouchani atau Shushani (meninggal pada tahun 1968) adalah nama julukan yang diberikan pada Guru Yahudi yang mengajar beberapa siswa di Eropa setelah Perang Dunia ke-2.

Kebanyakan siswanya kemudian berhasil menjadi tokoh ternama, diantaranya adalah Emanuel Levinas (Filsuf dari Perancis), dan Elie Wiesel (Penulis Yahudi, Peraih nobel perdamaian pada tahun 1986). Sangat sedikit yang diketahui tentang Chouchani, termasuk siapakah nama sebenarnya juga masih misterius.
Emmanuel Levinas
Elie Wiesel
Tidak banyak yang diketahui tentang “Monsieur Chouchani,”. asal-usulnya benar-benar tidak diketahui, dan nisan nya (terletak di Montevideo, Uruguay, di mana ia meninggal pada Januari 1968) berbunyi, “he wise Rabbi Chouchani of blessed memory. His birth and his life are sealed in enigma.”. Nama “Shushani,” yang berarti “orang dari Susan,”. Elie Wiesel berhipotesis bahwa nama asli Chouchani adalah Mordechai Rosenbaum, sedangkan profesor Universitas Ibrani Shalom Rosenberg menegaskan bahwa nama sebenarnya Chouchani adalah Hillel Perlmann.
Tidak ada hasil karya fisik (seperti tulisan, publikasi, buku, dll) dari Chouchani, tapi ia meninggalkan warisan intelektual yang sangat luar biasa melalui murid-muridnya
Chouchani merupakan sosok nyentrik, berpenampilan seperti gelandangan, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di antaranya di bidang science, matematika, filosofi dan khususnya Talmud. Pada umumnya, detail mengenai kehidupan Chouchani didapatkan melalui tulisan dan hasil wawancara dengan murid-muridnya.
Seorang wartawan Perancis bernama Salomon Malka 1994 menulis sebuah buku tentang dia, yang berjudul “Monsieur Chouchani: L’énigme Siecle du maitre d’un XXE” (Mister Shushani: Teka-teki seorang guru dari abad ke-20).

Raymond Cicurel adalah Salah satu orang yang terinspirasi oleh Monsieur Chouchani.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s