Fakta Daun Teh

Khasiat daun teh :

Minum teh tak hanya menimbulkan efek menenangkan diri, tetapi juga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, mencegah osteoprorsis, memulihkan kerja otak, dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Tak heran bila teh menjadi minuman favorit kedua setelah air putih.


Efek buruk daun teh :

Zat kafein yang terkandung di dalamnya berkhasiat kurang baik bagi tubuh. Kafein teh (tehine) dapat menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat. batas aman untuk mengkonsumsi kafein dalam sehari adalah 750 mg/hari atau setara dengan 5 cangkir teh berukuran 200 ml.

Yang perlu dihindari dari teh

1. Jangan minum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung di dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.

2. Jangan minum teh saat perut kosong, sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.

3. Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang.

4. Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zatnya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.

5. Hindari minum teh saat hamil dan menyusui karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang konstraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu atau ASI.

Teh yang aman dimunum :

1. Oolong, teh khas Cina, mengandung asam amino theanine. Jika dipadukan dengan kafein, bisa meningkatkan konsentrasi dan aktifitas syaraf.

2. Rooibos, teh dari Afrika Selatan, dengan cita rasa manis dan renyah seperti kacang. Juga disebut Teh Merah Afrika Selatan dan masuk dalam golongan teh herbal. Kaya dengan polifenol yang berperan sebagai antioksidan pencegah kanker.

3. Teh Putih, sebenarnya sama dengan teh hitam atau teh hijau, karena yang diambil adalah pucuk daun teh paling muda. Kaya dengan antioksidan terutama katekin. Seduhannya memiliki sifat antibakteri dan virus.

4. Teh Chai, teh hitam ini biasanya diseduh dengan mencampur rempah seperti kayu manis, kapulaga, cengkeh atau jahe. Teh ini sangat pahit, disarankan dicampur dengan susu kedelai, madu dan krimer rendah lemak agar manfaat sehat tak berkurang.

5. Pu-erh. Teh ini mengandung fermentasi hingga puluhan tahun. Semakin lama disimpan hasilnya semakin baik. Dipercaya sebagai teh unutk menurunkan berat badan, namun belum ada bukti ilmiahnya. Kadar kafein sangat banyak, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala dan jantung berdebar bila minum terlalu banyak.

Teh yang tidak aman diminum :

Kombucha, merupakan produk olahan tradisional, yaitu larutan hasil rendaman teh hitam dan gula yang dipermentasi berhari-hari. Sering disebut teh penyembuh segala penyakit, namun memiliki efek samping yang serius seperti mual, alergi serta keracunan.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Jangan Lupa Komentarnya

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s